UNPAD OPEN REPOSITORY

Upaya Nonpenal Atas Kejahatan Terhadap Satwa Yang Dilindungi Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Hukum Konservasi Sumber Daya Alam Hayati

AYU MELISA MANURUNG, (0000) Upaya Nonpenal Atas Kejahatan Terhadap Satwa Yang Dilindungi Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Hukum Konservasi Sumber Daya Alam Hayati. Abstrak.

[img] Text (Fulltext)
110110120425_a_3299.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)

Abstract

Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 telah melarang setiap orang melakukan kejahatan terhadap satwa yang dilindungi dan memuat ancaman pidana bagi barangsiapa yang melanggar ketentuan tersebut. Akan tetapi, meskipun telah diancam dengan sanksi pidana, kejahatan terhadap satwa yang dilindungi masih tetap terjadi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan mengapa pelaku melakukan kejahatan terhadap satwa yang dilindungi dan untuk mengetahui dan menganalisis upaya nonpenal yang dapat digunakan untuk menanggulangi kejahatan terhadap satwa yang dilindungi. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Sumber data difokuskan pada data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil dari penelitian ini ada dua: pertama, secara kriminologis kejahatan terhadap satwa yang dilindungi disebabkan oleh tiga faktor, yaitu pelaku belajar melakukan kejahatan terhadap satwa yang dilindungi melalui interaksi sosial, kurangnya kontrol personal dan kontrol sosial, dan adanya kesenjangan antara tujuan sosial dengan sarana yang sah. Kedua, kejahatan terhadap satwa yang dilindungi dapat ditanggulangi dengan menggunakan tiga upaya nonpenal, yaitu yang pertama dengan pencegahan tanpa pidana yang terdiri dari pendekatan edukasi dan pendekatan agama, kedua dengan mempengaruhi pandangan masyarakat mengenai kejahatan dan pemidanaan lewat media massa, dan ketiga dengan upaya lain berupa penyadaran hukum masyarakat, pendekatan budaya (kearifan lokal) bangsa Indonesia, dan penggunaan konsep restorative justice.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: satwa yang dilindungi, faktor kiminologis, upaya nonpenal
Subjects: UNPAD's Collections > Abstrak
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 05 Oct 2016 14:11
Last Modified: 05 Oct 2016 14:11
URI: http://repository.unpad.ac.id/id/eprint/23981

Actions (login required)

View Item View Item