UNPAD OPEN REPOSITORY

Proporsi Bagian Edible dan Inedible Pada Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) (Kasus di CV. Bangun Jaya Farm Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi)

GATRA KENCANANING A, (0000) Proporsi Bagian Edible dan Inedible Pada Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) (Kasus di CV. Bangun Jaya Farm Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi). Abstrak.

[img] Text (Fulltext)
200110120233_i_6698.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bobot bagian edible (karkas, jantung, hati, dan ampela) dan inedible (darah, bulu, kepala, kaki, lemak abdominal, jeroan, leher) karkas Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) umur 60 hari. Penelitian telah dilaksanakan dari bulan Maret 2016 sampai dengan Mei 2016 di CV. Bangun Jaya Farm Kecamatan Warung Kiara Kabupaten Sukabumi. Jumlah ayam yang dipelihara sebanyak 100 ekor, kemudian sampel diambil secara acak sebanyak 30 ekor. Ransum yang diberikan selama penelitian adalah ransum komersil yang diperoleh dari PT. Charoend Pokphand Indonesia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil Edible dan Inedible pada ayam jantan dan ayam betina. Bagian edible jantan dalam bentuk karkas sebesar 643,20 gram sedangkan pada betina sebesar 582,20 gram. Bagian inedible lemak abdominal betina lebih besar 9,06 persen dibandingkan dengan jantan, yaitu 6,40 persen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pertumbuhan ayam jantan lebih baik dibandingkan dengan ayam betina, dan (2) semakin besar bobot hidup maka proporsi bagian edible dan inediblenya semakin besar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karkas, edible, inedible, ayam kampung unggul balitnak
Subjects: UNPAD's Collections > Abstrak
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 05 Oct 2016 14:11
Last Modified: 05 Oct 2016 14:11
URI: http://repository.unpad.ac.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item View Item