UNPAD OPEN REPOSITORY

Gambaran Tingkat Impulsive Buying pada Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Annisa Fitriany, (2016) Gambaran Tingkat Impulsive Buying pada Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Abstrak.

[img] Text (Fulltext)
Annisa-Fitriany.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)

Abstract

Impulsive buying merupakan pembelian yang terjadi secara spontan dan tanpa perencanaan. Impulsive buying akhir-akhir ini semakin berkembang terutama pada kategori usia remaja yang sering dijadikan sebagai target pemasaran. Self control yang kurang baik menyebabkan kemungkinan perilaku impulsive buying semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat impulsive buying. Metode yang digunakan berupa metode deskriptif kuantitatif dengan teknik cluster sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Padjadjaran yang pernah membeli pakaian di toko dan masuk pada tahapan remaja berusia 17-21 tahun dengan total sampel sebanyak 180 responden. Data diperoleh melalui alat ukur berupa kuesioner berdasarkan teori impulsive buying dari Rook & Fisher (1995) dengan reliabilitas sebesar 0,872. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impulsive buying pada mahasiswa Universitas Padjadjaran berada pada kategori cenderung rendah, yaitu sebesar 61%. Tingkatan impulsive buying ditentukan oleh self control yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa jenis kelamin tidak berpengaruh pada impulsive buying, sedangkan uang saku per bulan memengaruhi tingkat impulsive buying. Self control memegang peranan penting pada perilaku impulsive buying, sehingga kedepannya impulsive buying dapat dicegah dengan cara meningkatkan kemampuan self control.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: remaja, self control, Impulsive buying
Subjects: UNPAD's Collections > Abstrak
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 05 Oct 2016 14:11
Last Modified: 05 Oct 2016 14:11
URI: http://repository.unpad.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item