HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER @COFFEECOMBI DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI PRODUK

  • ABSTRAK Gita Arnida Dewi R. 210110080069. Jurusan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kampus Bandung..Judul penelitian yang diambil adalah " HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER "@COFFEECOMBI" DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI PRODUK ", dengan subjudul studi korelasional mengenai hubungan antara intensitas penggunaan twitter @coffeecombi dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai produk coffee combi.Dra. Susie Perbawasari, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Diah Fatma Sjoraida, S.E.,M.Si sebagai pembimbing pendamping di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kampus Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan twitter @coffeecombi, isi pesan twitter @coffeecombi dan hubungan pengguna dengan isi pesan dengan kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan pelepasan followers tentang produk coffee combi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional yaitu metode untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari twitter @coffeecombi. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat dan signifikan antara penggunaan twitter @coffeecombi dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai produk. Analisis penelitian ini mampu membuktikan bahwa penggunaan twitter @coffeecombi dapat memenuhi kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan pelepasan followers mengenai produk, artinya semakin tinggi penggunaan twitter @coffeecombi, maka semakin tinggi pula pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai produk. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara intensitas penggunaan twitter @coffeecombi dengan kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan pelepasan followers mengenai produk, sedangkan terdapat hubungan yang erat antara isi pesan twitter @coffeecombi dengan kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan pelepasan followers mengenai produk, dan terdapat hubungan yang cukup berarti antara hubungan individu dengan isi media dengan kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan pelepasan followers mengenai produk. ABSTRACT Gita Arnida Dewi R. 210110080069. Department of Public Relations Faculty of Communication Sciences Campus, Padjadjaran University in Bandung The title of the research is "THE RELATIONSHIP BETWEEN THE USE OF SOCIAL MEDIA TWITTER "@COFFEECOMBI" WITH THE FOLLOWERS NEED FULFILLMEN ABOUT THE PRODUCT INFORMATION", with subtitles correlational research on the relationship between the intensity of the use of twitter @coffeecombi with the information needs of followers on coffee combi products. Dra. Susie Perbawasari, M.Si. as the main guide and Diah Fatma Sjoraida, S.E., M. Si. as a mentor coach in the Faculty of Communication Sciences Campus, Padjadjaran University in Bandung. The purpose of the research is to determine the relationship between the intensity of use twitter @coffeecombi, with twitter @coffeecombi message contents and the relationship by cognitive, affective, personal integration, and social integration needs, and demand the release of followers on coffee combi products. The method used in this research is a quantitative approach with correlation method to find a relationship between two or more variables. The populations in this research are followers of the twitter @coffeecombi.The technique used is simple random sampling technique. The results of this research indicate that there is a close and significant relationship between the use of twitter @coffeecombi with the fulfillment needs informationss of followers of the product. The analysis of the research is able to prove that the use of twitter @coffeecombi can meet the cognitive, affective, personal integration, social integration, and the needs of the release of followers, which means the higher the use of twitter @coffeecombi, the higher the information needs of followersabout the product. The conclusions in this research is a significant relationship between the intensity of the use of twitter @coffeecombi with cognitive, affective, personal integration, social integration, and the followers of the product release needs, while there is a close relationship between the content of the message needs twitter @coffeecombi with cognitive, affective, personal integration, social integration, and the followers of the product release needs, and there is a significant relationship between individual relationship with media content to the cognitive, affective, personal integration, social integration, and the followers of deliverance products needs.

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Gita Arnida Dewi R
Series (Serial Number):Skripsi (000116569)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:ind
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Media Sosial, Twitter, Informasi, Produk
Enrichmentdc.identifier.nim:210110080069