Kesadaran Kolektif Kru Otobus PT. Antar Lintas Sumatera 1966 Dalam Memelihara Kenyamanan dan Keselamatan Penumpang (Studi Kasus Trayek PT. ALS Medan Jakarta)
- ABSTRAK
Penelitian ini untuk menjelaskan mengenai upaya dan kesadaran kolektif Perusahaan Otobus PT. Antar Lintas Sumatera dalam memberikan kenyamanan dan keselamatan terhadap penumpang. Perusahaan otobus PT. Antar Lintas Sumatera merupakan perusahaan berbentuk perseroan terbatas yang mana pemilik sahamnya hanya bisa dimiliki oleh kalangan keluarga dan kerabat. Bus dengan trayek terjauh di Indonesia ini mendasar kepada musyawarah dan mufakat dalam berbagai kebijakan dan sistem kepercayaan dalam perekrutan karyawan, khususnya kru bus. Penelitian dilakukan di ALS Medan dan perwakilan ALS Klender, Jakarta Timur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa upaya dan kesadaran kolektif dalam kenyamanan dan keselamatan penumpang merupakan pekerjaan rumah perusahaan. Prinsip perusahaan yang menggunakan sistem kekeluargaan dalam persero tidak cukup memengaruhi. Upaya yang dilakukan belum mampu memenuhi dimensi kualitas pelayanan, seperti tangiable (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (perhatian). Kesadaran yang tumbuh dalam seluruh unsur perusahaan yang dilihat dari kebisaaan, kepercayaan, sentimen, dan kode etik bersama masih belum maksimal.
Kata Kunci : PT. ALS, Kesadaran Kolektif, Memelihara, Kenyamanan, Keamananan