The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 56 of 7289
Back to Result List

EVALUASI FORMASI UNTUK MENGETAHUI POTENSI HIDROKARBON PADA BATUPASIR L DAN R, FORMASI LIA, LAPANGAN CRIA, CEKUNGAN SUMATRA TENGAH

  • Lapangan minyak "CRIA" merupakan salah satu lapangan milik PT.Chevron Pacific Indonesia yang terletak di Cekungan Sumatra Tengah, PropinsiRiau. Evaluasi formasi yang dilakukan pada reservoar ini ialah dengan melakukananalisis data batuan inti dari 1 sumur dan analisis data well log dari 55 sumur.Fokus studi pada penelitian ini yaitu Batupasir "L" dan "R", Formasi "LIA",Lapangan "CRIA". Tujuannya ialah untuk mengetahui fasies dan lingkunganpengendapan, mengetahui karakteristik petrofisika reservoar, mengetahui distibusikualitas reservoar, dan perhitungan volumetrik hidrokarbon pada reservoar "L"daerah penelitian.Batupasir "L" merupakan lapisan batupasir yang berada pada endapantidal sand bar. Sedangkan Batupasir "R" merupakan lapisan batupasir yangberada pada endapan channel fill estuarine, terdiri dari fluvial tidal channel dantidal channel. Melalui parameter petrofisika didapatkan harga GRsand danGRshale yaitu 28 GAPI dan 155 GAPI sebagai perhitungan volume shale, hargaporositas efektif rata-rata pada Batupasir "L"dan Batupasir "R" berkisar antara27% - 39% dan 24% - 40%, dan metode saturasi air yang digunakan yaitu metodeArchie dengan Rw sebesar 3.12 (dari water analysis). Pemetaan penyebarankualitas Batupasir "L" dan "R", memperlihatkan penyebaran dengan arahBaratlaut – Tenggara. Peta simulasi pada Batupasir "L" yang terdapat dalampenelitian ini yaitu peta struktur kedalaman, peta isopach, peta isoporositas, petasaturasi air, dan peta HPT (Hydrocarbon Pore Thickness). Dari peta tersebut akandigunakan perhitungan cadangan hidrokarbon dengan metode volumetrik.Hasilnya menunjukkan OOIP pada Batupasir "L" sekitar 8.5987 MMbbl.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Lia Reulina
Series (Serial Number):Skripsi (000116414)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Litofasies, Elektrofasies, Kualitas Reservoar, Volumetrik
NPM :140710080143
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam