The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 60 of 7284
Back to Result List

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pencegahan dan Penaggulangan Secara Dini Kejadian Diare Pada Balita Di Desa Hegarmanah Jatinangor

  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya balita yang dirawat inap karenadiare, padahal berbagai upaya telah dilakukan untuk menurunkan angka kejadiandiare. Pengetahuan dan sikap dalam penelitian ini adalah segala sesuatu yangdiketahui serta suatu respon ibu yang memiliki balita tentang pencegahan danpenanggulangan diare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaranpengetahuan dan sikap ibu dalam pencegahan dan penanggulangan secara dinikejadian diare pada balita. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakanproportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian dilakukan denganmembagikan kuesioner kepada 88 ibu yang memiliki balita di setiap RW DesaHegarmanah Jatinangor. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dari 88 ibu, lebih dari setengah yakni53 (60,23%) ibu memiliki pengetahuan baik serta lebih dari setengah yakni 47(53,41%) ibu memiliki sikap yang favorable (mendukung) terhadap pencegahan danpenanggulangan secara dini kejadian diare pada balita di Desa HegarmanahJatinangor. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan bagi puskesmas Jatinangoruntuk merancang program penyuluhan khususnya tentang penanggulangan diaresecara berkala serta cara pemberian atau penyampaian informasi yang sesuai dengantingkat pendidikan ibu.Kata kunci: diare, ibu yang memiliki balita, penanggulangan diare, pencegahan diare, pengetahuan, dan sikap.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Lina Malikhah
Series (Serial Number):Skripsi (000116458)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Diare, Ibu Yang Memiliki Balita, Penanggulangan Diare, Pencegahan Diare, Pengetahuan Dan Sikap
NPM :220110080140
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Keperawatan