The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 72 of 7289
Back to Result List

DAMPAK KEBIJAKAN LUAR NEGERI PERANCIS TENTANG IMIGRASI TERHADAP PEMBENTUKAN PAKTA IMIGRASI DALAM TRAKTAT UNI EROPA (2007-2009)

  • ABSTRAKDampak Kebijakan Luar Negeri Perancis tentang Imigrasi terhadap Pembentukan Pakta Imigrasi dalam Traktat Uni Eropa (2007-2009). Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. 2012.Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana keberadaan imigran mengancam eksistensi kaum pribumi di wilayah Perancis maupun Uni Eropa. Peneliti melihat masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Pakta Imigrasi dapat terbentuk dalam Uni Eropa yang membebaskan pergerakan arus manusia di dalamnya. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perjalanan Perancis di bawah Sarkozy dan sebagai presiden Uni Eropa sebagai aktor utama dalam pembentukan Pakta Imigrasi Uni Eropa pada masa pemerintahan Nicolas Sarkozy dalam periode 2007-2009. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana dampak kebijakan luar negeri Perancis tentang imigrasi terhadap pembentukan Pakta Imigrasi.Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan Realisme yang fokus kepada negara serta teori kebijakan luar negeri dari John P. Lovell dalam menganalisis kebijakan luar negeri Perancis. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penulisan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu melalui wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa peningkatan arus imigrasi terkait menguatnya posisi Uni Eropa di tingkat global membuat Uni Eropa membutuhkan sebuah kebijakan imigrasi bersama demi melindungi kemakmuran warga negaranya. Dan hal ini diwujudkan oleh Perancis sebagai aktor yang paling kuat dalam mendorong pembentukan Pakta Imigrasi. Kata Kunci: kebijakan luar negeri, Perancis, Uni Eropa, Pakta Imigrasi

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Thioretta Panjaitan
Series (Serial Number):Skripsi (000116543)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Kebijakan Luar Negeri, Perancis, Uni Eropa, Pakta Imigrasi
NPM :170210070110
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik