The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 30 of 7289
Back to Result List

PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE TASIKMALAYA

  • ABSTRAK Matahari Department Store adalah ritel terkemuka diIndonesia, terutama dalam kategori busana dan fashion, serta menyediakan berbagai ragam pilihan perlengkapan rumah tangga. Matahari Department Store yang berada di Jalan Veteran No.10 Tasikmalaya merupakan gerai department store yang beroperasi sejak tahun 1991. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai persepsi konsumen dan pengaruhnya terhadapproses keputusan pembelianpada Matahari Department Store Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studikepustakaan, observasi non-partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling sistematik, jumlah sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Rencana analisis data yang penulis gunakan adalah koefisien korelasi product moment pearson, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi pearson sebesar 0,402 menunjukkan bahwa terdapat hubungan sedang antara persepsi konsumen terhadap proses keputusan pembelian pada Matahari Department Store Tasikmalaya. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 40,20% dan termasuk kedalam kategori pengaruh yang cukup berarti, yang menunjukan bahwa nilai 40,20% dari variabel kompetensi keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel persepsi konsumen sedangkan sisanya sebesar 59,80% proses keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini, diketahui bahwa persepsi konsumen dan proses keputusan pembelian pada Matahari DepartmentStore Tasikmalaya secara umum dikategorikan baik. Namun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki, maka penulis menyarankan kepada pihak perusahaan untuk meningkatkan promosi melalui berbagai media, menyediakan fasilitas-fasilitas untuk menarik konsumen berbelanja, mengadakan acara-acara hiburan, serta konsisten mengadakan program diskon sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Tasikmalaya. Kata Kunci: Persepsi konsumen, Proses keputusan pembelian, Matahari Department Store

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Nova Hana Hanifah
Series (Serial Number):Skripsi (000116574)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Persepsi Konsumen, Proses Keputusan Pembelian, Matahari Department
NPM :170610080038
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik