• search hit 30 of 7280
Back to Result List

PENGARUH LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KOMPETENSI KARYAWAN PADA KANTOR PUASAT PT POS INDONESIA (PERSERO)

  • ABSTRAKPT Pos adalah perusahaan perintis jasa pengiriman yang menyediakan layanan pengiriman surat dan paket, jasa keuangan, dan logistik. Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) yang berada di jalan Cilaki No.73 Bandung 40115, Indonesiamerupakan kantor pusat PT Pos se-Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan karyawan Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) mengenai pelaksanaan learning organization dan pengaruhnya terhadap kompetensi karyawanpada divisi Human Resources Developmen Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero).Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah eksplanasi asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi non-partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sensus, jumlah sampel yang akan diambil adalah seluruh dari populasi yang ada yaitu 74 orang karyawan Human Resources Development Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) sebagai responden. Rencana analisis data yang penulis gunakan adalah koefisien korelasi product moment pearson, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi pearson sebesar 0,611 menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat antara learning organization terhadap kompetensi karyawan pada Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero). Sedangkan koefisien determinasi sebesar 37,33% dan termasuk kedalam kategori pengaruh yang cukup rendah, yang menunjukan bahwa nilai 37,33% dari variabel kompetensi karyawan dipengaruhi oleh variabel learning organization sedangkan sisanya sebesar 62,67% kompetensi karyawan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kesimpulan dari penelitian ini, diketahui bahwa penerapan learning organization dan kompetensi karyawan pada Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) secara umum dikategorikan baik. Namun ada beberapa hal yang dalam pelaksanaannya masih belum optimal, maka penulis menyarankan kepada pihak perusahaan untuk selalu meningkatkan penerapan learning organization yang ada dengan secara baik dan benar serta diterapkan se-optimal mungkin agar kompetensi karyawan tersebut dapat terbentuk, diantaranya dengan pemberian reward kepada karyawan yang ditunjuk sebagai perwakilan pada suatu tim, menanamkan rasa memiliki kepada setiap karyawan serta membagikan profit perusahaan sesuai dengan kinerja karyawan sehingga akan menumbuhkan rasa memiliki tersebut.iiABSTRACPT Pos is a pioneering company providing delivery service mail, packages, financial services, and logistics. The headquarters of PT Pos Indonesia (Persero) which is on the road No. 73 cilaki Bandung, Indonesia is 40115 headquarters PT Pos Indonesia. The study was conducted to determine the respo nse employees Human Resources Office of PT Pos Indonesia (Persero) Headquarters regarding the implementation of learning organization and its influence on employee competencieson the division of the Office of Human Resources Development PT Pos Indonesia(Persero).Types of research used by the researchers is an associative explanation. Data collection techniques used is the study of literature, non -participant observation, unstructured interviews, and questionnaires. Sempel retrieval technique using saturated sampling or census, the number of samples to be taken is the whole of the population that there are 74 employees in the Office of Human Resources Development PT Pos Indonesia (Persero) Headquarters as a respondent. Plan of data analysis the authors use is the Pearson product moment correlation coefficient, determination coefficient analysis and simple linear regression analysis.The results showed that the Pearson correlation of 0.611 indicates that there is a strong enough relationship between learning organization with employee competencies on PT Pos Indonesia (Persero). While the coefficient of determination of 37.33% and included into the category of low influence, which showed that 37.33% of the value of the variable of employee competencies is influenced by learning organization variables while the remaining companies of 62.67% of employee competencies is influenced by other variables not examined in this study.The conclusion of this study, it is known that the application of learning organization and employee competencies on the behavior PT Pos Indonesia (Persero)Headquarters is generally considered good. But there are some things that the implementation is not optimal, the authors suggest to the company to constantly improve the application of learning organization existing with in a good and right and apply optimally to prevent the competence of the employees can be formed , such as the provision of the reward to an employee who is appointed as the representative at a team , instill a sense of belonging to each employee and share profits of the company in accordance with the performance of employee will increase the sense that it had.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Nadya Fatmawidya
Series (Serial Number):Skripsi (000116576)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:ind
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Organisasi
Enrichmentdc.identifier.nim:170610080076