The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 1 of 3
Back to Result List

PERLINDUNGAN HUKUM HAK ISTRI KEDUA DARI PERKAWINAN POLIGAMI ATAS HARTA BERSAMA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

  • Pasangan suami isteri yang bercerai sering dihadapkan dengan masalah pembagian harta bersama yang memang terkenal rumit, masalah ini akan menjadi tambah rumit lagi apabila perkawinan tersebut merupakan perkawinan berbentuk poligami. Masing-masing pihak akan saling mengakui bahwa dirinya yang berhak mendapatkan bagian harta bersama lebih besar dibandingkan pihak lainnya. Ketentuan tentang harta bersama ini harus jelas apalagi menyangkut keterlibatan perkawinan poligami di dalamnya, karena berdasarkan hukum positif yang berlaku di Indonesia, masalah di antara pasangan suami isteri adalah sebatas pada harta bersama asalkan tidak ditentukan hal lain dalam perjanjian perkawinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis melalui pendekatan yuridis normatif dalam mendapatkan data sekunder berupa studi kepustakaan terhadap bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, seperti Undang-undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, literatur, pendapat para ahli, artikel internet yang berhubungan dengan pembagian harta bersama dalam perkawinan poligami, data yang diperoleh dianalisis dengan metode yuridis kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pengaturan mengenai harta bersama bagian isteri dalam perkawinan poligami sudah diatur oleh Undang-undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Upaya perlindungan hak, pasangan suami isteri tetap harus membuat perjanjian perkawinan untuk menghindari kesalahpahaman mengenai proporsi harta bersama dalam perkawinan.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Ade Kurniawan
Series (Serial Number):Skripsi (000127026)
Document Type:Bachelor Thesis (Skripsi)
Language:Indonesia
Year of Completion:2013
Year of first Publication:2013
Release Date:2019/10/27
Tag:Perkawinan, Poligami
NPM :110113080106
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (Kls Sore)
Licence (Indonesia):License LogoPeraturan Serah Simpan