The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 1 of 5
Back to Result List

IMPLIKASI PEMBATALAN KEPAILITAN TERHADAP KEDUDUKAN BANK SEBAGAI KREDITOR SEPARATIS YANG MEMEGANG HAK TANGGUNGAN DITINJAU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 37 TAHUN 2004 TENTANG KEPAILITAN DAN PENUNDAAN K

  • ABSTRAK Kasus pembatalan kepailitan terjadi antara PT. Bank Bukopin, selaku Pemohon Pailit sebagai kreditor yang merasa dirugikan, oleh PT. Altra Excis Investama selaku Termohon Pailit sebagai debitor. Mengajukan permohonan pailit di Pengadilan Niaga yang dikabulkan dan dibatalkan di tingkat kasasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi pembatalan kepailitan terhadap kedudukan bank sebagai kreditor separatis yang memegang Hak Tanggungan dan tindakan hukum apa yang dilakukan oleh bank sebagai kreditor separatis yang memegang hak tanggungan setelah pembatalan pailit. Metode penelitian yang digunakan dalam kasus ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis normatif, yang menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dan Penundaan Pembayaran Kewajiban Utang, dikaitkan dengan teori-teori hukum dalam pelaksanaan yang menyangkut permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data untuk penulisan ini adalah melaui studi kepustakaan terhadap bahan-bahan hukum yang relevan. Berdasarkan hasil analisis, implikasi pembatalan kepailitan terhadap kedudukan bank sebagai kreditor separatis yang memegang Hak Tanggungan ditinjau berdasarkan Undang-Undang No.37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dalam kasus ini adalah kembalinya kedudukan bank kekeadaan semula selain itu hakim MA tidak memberikan perlindungan hukum karena tidak mempertimbangkan ketentuan dalam Pasal 45 UU Kepailitan dan PKPU oleh karena proses pembayaran yang dilakukan PT. Altra Excis Investama kepada Bank Muamalat dilakukan pada saat proses pemeriksaan perkara kepailitan. Tindakan hukum yang dilakukan oleh bank setelah pembatalan pailit yaitu dengan mengeksekusi jaminan hak tanggungan yang telah ada padanya melalui Gugatan ke Pengadilan Negeri.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Dinne G C
Series (Serial Number):Skripsi (000126562)
Document Type:Bachelor Thesis (Skripsi)
Language:Indonesia
Year of Completion:2013
Year of first Publication:2013
Release Date:2019/10/27
Tag:Kepailitan
NPM :110110080195
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Hukum / Hukum
Licence (Indonesia):License LogoPeraturan Serah Simpan