The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 2 of 12
Back to Result List

IMPLEMENTASI BERMOTOR PADA OLEH DINAS KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA KEBIJAKAN HARI BEBAS KEN

  • ABSTRAKSkripsi ini merupakan hasil penelitian yang berjudul "ImplementasiKebijakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Pada Jalan Jenderal Sudirman-M.HThamrin Oleh Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta". Latar belakang yangmendasari penulisan penelitian ini adalah ketertarikan penulis dengan pelaksanaanHari Bebas Kendaraan Motor yang dilakukan oleh Provinsi DKI Jakarta dalamrangka memulihkan mutu udara di wilayah DKI Jakarta. Selain itu untukmengetahui bagaimanakah kebijakan ini berjalan dan di implementasikan olehpemerintah daerah.Adapun tujuan penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan karyailmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan HariBebas Kendaraan Bermotor Pada Jalan Jenderal Sudirman-M.H Thamrin OlehDinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2011 dan 2012. Dalampenelitian ini, penulis menggunakan teori Merilee S. Grindle mengenaipengukuran keberhasilan implementasi kebijakan berdasarkan isi kebijakan(content of policy) yang terdiri dari : kepentingan yang terpengaruhi olehkebijakan, jenis manfaat yang akan dihasilkan, derajat perubahan yang diinginkan,kedudukan pembuat kebijakan, pelaksana program, dan sumber daya yangdikerahkan. Selain itu, berdasarkan pada konteks implementasi (context ofimplementation), yang terdiri dari : kekuasaan, kepentingan, dan strategi aktoryang terlibat, karakteristik lembaga dan penguasa, serta kepatuhan dan dayatanggap.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifmelalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi literatur(kepustakaan) dan penelitian lapangan. Penelitian lapangan yang dimaksud antaralain melalui observasi serta wawancara mendalam kepada informan yang terdiridari BPLHD Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta sertapihak-pihak lain yang terkait dengan kebijakan ini. Dalam penelitian ini penulismelakukan pengujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data.Implementasi Kebijakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Pada JalanJenderal Sudirman-M.H Thamrin Oleh Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakartatelah dapat dinilai cukup namun masih perlu ditingkatkan kembali perihalkoordinasi antara pihak yang terkait dan kinerjanya. Hambatan yang menjadimasalah dalam implementasi kebijakan ini adalah terbatasnya sumber dayamanusia, sumber pendanaan, serta koordinasi yang kurang antar pihak terkait dariDinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta.Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi kebijakan yang telahdilakukan selama ini oleh Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta telah dapatdinilai cukup, walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapakekurangan dan kendala sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangkapelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada Jl. Jenderal Sudirman-M.HThamrin yang dilaksanakan oleh Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta belumdapat berjalan secara optimal.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Nurfitriah Ramadhani
Series (Serial Number):Skripsi (000116941)
Document Type:Bachelor Thesis (Skripsi)
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Implementasi
NPM :170110080106
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Publik
Licence (Indonesia):License LogoPeraturan Serah Simpan