The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 3 of 5
Back to Result List

PENGARUH KOMPETENSI APARATUR TERHADAP KINERJA APARATUR PADA SEKSI PELAYANAN MEDIK DI BALAI KESEHATAN KERJA MASYARAKAT (BKKM) PROVINSI JAWA BARAT

  • ABSTRAKSkripsi ini merupakan hasil penelitian penulis mengenai "Pengaruh Kompetensi Aparatur Terhadap Kinerja Aparatur Pada Seksi Pelayanan Medik di Balai Kesehatan Kerja Masyarakat (BKKM) Provinsi Jawa Barat." Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam kinerja aparatur pegawai seksi pelayanan medik, seperti kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pegawai BKKM sehingga masyarakat tidak mengetahui manfaat dan fungsi dari BKKM padahal BKKM itu ditempatkan pada kawasan industri. Kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas untuk menunjang kinerja dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat pekerja. Sarana dan prasarana BKKM belum sesuai dengan pelayanan kesehatan kerja strata dua (II) yang bisa menghambat kinerja para petugas seksi pelayanan medik. Belum selesainya SOP pelayanan kesehatan keselamatan kerja pada seksi pelayanan medik yang dapat mengh ambat kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan serta dalam penanganan pasien. Penulis menduga hal tersebut disebabkan karena pegawai seksi pelayanan medik di BKKM belum mempunyai kompetensi yang baik.Untuk mengukur kompetensi aparatur yang dilakukan pada pegawai seksi pelayanan medik di Balai Kesehatan Kerja Masyarakat (BKKM), penulis menggunakan teori dari J.S Bowman yang terdiri dari tiga dimensi kompetensi profesionalisme pelayanan publik, yaitu kompetensi teknis, kompetensi etis dan kompetensi leadership. Sedangkan untuk mengukur kinerja aparatur, penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Rue & Byars yang terdiri dari limadimensi, yaitu kuantitas kerja (quantity of work), kehandalan (dependability), pengetahuan kerja (job knowledge), kehadiran (attendance) dan akurasi (accuracy).Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah metode penelitian eksplanasi, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara dan angket). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sebanyak 22 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji F (uji hipotesis), koefisien determinasi dan analisisi regresi sederhana.Dengan menggunakan metode regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi aparatur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja aparatur dengan nilai signifikansi (P Value) sebesar 0,003<0,05 dengan F hitung sebesar 10,965. Koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar 0,35 yang berarti 35% perubahan kinerja aparatur dijelaskan oleh perubahan variabel kinerja aparatur, sedangkan sisanya sebesar 65% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Moch Ichsan Rachmadi
Series (Serial Number):Skripsi (000121566)
Document Type:Bachelor Thesis (Skripsi)
Language:Indonesia
Year of Completion:2013
Year of first Publication:2013
Release Date:2019/10/27
Tag:Kompetensi
NPM :170110080158
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Administrasi Publik
Licence (Indonesia):License LogoPeraturan Serah Simpan