The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 73 of 100
Back to Result List

KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN IJIN MENGGUNAKAN TENAGA ASING (IMTA) DI DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DI KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DI JAKARTA

  • ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Pelayanan Publik dalam penerbitan Ijin Menggunakan Tenaga Asing (IMTA) oleh Direktorat Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya globalisasi tenaga kerja seiring dengan terjadinya globalisasi dalam bidang perekonomian pada saat ini yang mengakibatkan memperbolehkan tenaga asing untuk bekerja di Indonesia, maka Tenaga Kerja Asing (TKA) sudah menjadi fenomena yang umum dewasa ini yang disebut sebagai era globalisasi. Sebagai konsekuensi dari globalisasi dan liberalisasi perdagangan dan investasi, maka jumlah tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Karenanya dalam mempekerjakan TKA di Indonesia harus dilakukan melalui mekanisme dan prosedur yang ketat dimulai dengan seleksi dan prosedur perizinan hingga pengawasan. Direktorat Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang berkewenangan mengeluarkan ijin kerja bagi para tenaga asing yang disebut IMTA. Untuk mengukur pelayanan dalam penerbitan Ijin Menggunakan Tenaga Asing (IMTA) ini, penulis menggunakan teori Parasuraman, Zeithaml dan Berry yang terdiri dari lima dimensi yaitu, Tangibels (Bukti Langsung), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empathy (Empati). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara, angket dan studi pustaka). Dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Insidental dengan jumlah responden sebanyak 40 responden. Dengan demikian kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa kualitas pelayanan penerbitan Ijin Menggunakan Tenaga Asing (IMTA) oleh Direktorat Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta saat ini secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik dan optimal.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Aprilia Rizky D
Series (Serial Number):Skripsi (000116548)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Kualitas Pelayanan Penerbitan Ijin Menggunakan Tenaga Asing
NPM :170110080072
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik