The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 34 of 100
Back to Result List

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DESA HEGARMANAH JATINANGOR

  • ABSTRAK Salah satu tugas perkembangan pada anak yaitu menuntut anak untukberinteraksi sosial dilingkungan sekitarnya, dan juga sebagai persiapan dirimenghadapi interaksi sosialnya di masa yang akan datang. Pada tahap prosesmenuju perkembangan sosial dapat dikendalikan, jika diketahui pada saat yangtepat dan jika dilakukan langkah perbaikan untuk menguranginya sebelummenjadi kebiasaan yang kurang baik. Pola asuh orang tua salah satu faktor yangberpengaruh terhadap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengujihubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak di PAUDDesa Hegarmanah Jatinangor. Jenis penelitian ini bersifat korelasional dengan menggunakan analysisRank Spearman. Untuk mengukur pola asuh menggunakan Parental AuthorityQuestionnaire Revised dari Baumrind dan untuk mengukur perkembangan sosialanak menggunakan indikator perkembangan sosial dari Yusuf. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling dan didapatkanpartisipan sebanyak 92 orang tua dari siswa PAUD Desa Hegarmanah Jatinangor.Hasil penelitian menunjukan bahwa Ho ditolak dengan p= 0,037 < tarafkekeliruan (α =0,05). Hal ini menunjukan adanya hubungan yang rendah tapibermakna antara pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak, artinyasemakin tinggi pola asuh authoritative, maka semakin tinggi pula perkembangansosial anak. Pola asuh orang tua authoritative merupakan yang baik untuk dimilikiatau dikembangkan oleh orang tua.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Ilma Fahma N S
Series (Serial Number):Skripsi (000116587)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Pola Asuh, Perkembangan Sosial
NPM :220110080049
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Keperawatan