The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 41 of 100
Back to Result List

MANAJEMEN STRATEGIK PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA DI PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Badan Pengelola Lingkungan H

  • ABSTRAKPenelitian ini berjudul "Manajemen Strategik Pemerintah Daerah Dalam Pengendalian Pencemaran Udara Di Provinsi DKI Jakarta". Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka menyelesaikan studi sarjana pada Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin memburuknya kondisi serta kualitas udara di Provinsi DKI Jakarta. permasalahan yang diangkat adalah bagaimana manajemen strategik pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terbagi menjadi Perencanaan Strategik dan Perencanaan Operasional dalam pengendalian pencemaran udara. Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi DKI Jakarta dengan informan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di wilayah Provinsi DKI Jakarta. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data bersumber dari studi pustaka, studi lapangan, observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, Manajemen Strategik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibagi menjadi Perencanaan Strategik yang unsurnya adalah Visi, Misi, Tujuan Strategik, dan Strategi Utama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengendalian pencemaran udara. Sedangkan Perencanaan Operasional terdiri dari Sasaran atau Tujuan Operasional, pelaksanaan Fungsi -Fungsi Manajemen, Kebijakan Situasional, Kerjasama Internal dan Eksternal, dan Fungsi Kontrol, Evaluasi serta Feedback dalam pengendalian pencemaran udara.Simpulan dari penelitian ini adalah manajemen strategik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengendalian pencemaran udara belum berjalan dengan maksimal karena adanya hambatan dalam pengimplementasian kedua Perencanaan tersebut menjadi program dalam pengendalian pencemaran udara di antaranya sosialisasi dan penegakkan hukum yang masih minim. Penelitian ini bertujuan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memenuhi harapan masyarakat dalam mewujudkan udara DKI Jakarta yang berkualitas dan sehat.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Ameidyo Daud
Series (Serial Number):Skripsi (000116600)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Manajemen Strategik
NPM :G1D050068