The search result changed since you submitted your search request. Documents might be displayed in a different sort order.
  • search hit 45 of 100
Back to Result List

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP SIKAP PERAWAT PADA SAAT BERKOMUNIKASI DENGAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD GUNUNG JATI CIREBON

  • ABSTRAK Perawat akan selalu bertemu dengan pasien selama 24 jam, dan dalampertemuannya diperlukan adanya komunikasi yang lebih intens dan interaksi yanglebih intensif. Pada saat berkomunikasi ada beberapa sikap yang diterapkan olehseorang perawat, yaitu kehadiran diri secara fisik dan kehadiran diri secarapsikologis. Beberapa sikap tersebut dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Hal inimenarik untuk diteliti dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasienterhadap sikap perawat pada saat berkomunikasi dengan pasien di Ruang RawatInap Bedah RSUD Gunung Jati Cirebon. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien di Ruang Rawat Inap BedahRSUD Gunung Jati Cirebon yang sudah dirawat selama tiga hari. Didapatkanjumlah sampel sebanyak 56 orang. Rancangan penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadapsikap perawat berdasarkan aspek kehadiran diri secara fisik dan psikologi diRuang Rawat Inap Bedah RSUD Gunung Jati Cirebon, yang menyatakan tidakpuas sebanyak 40 orang (71,4%) dan yang meyatakan puas sebanyak 16 orang(28,6%). Dapat dilihat bahwa hampir seluruh responden menyatakan tidak puas terhadapsikap perawat pada saat berkomunikasi. Salah satu faktor yang dapatmenyebabkan hal ini adalah kurangnya pengetahuan perawat mengenai sikap padasaat berkomunikasi dengan pasien. Disarankan untuk peneliti selanjutnya agarmeneliti pengetahuan perawat mengenai sikap dalam berkomunikasi.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Tiara Tri Putrianti
Series (Serial Number):Skripsi (000116622)
Document Type:Bachelor Thesis
Language:Indonesia
Year of Completion:2012
Year of first Publication:2012
Release Date:2019/10/27
Tag:Kepuasan, Sikap, Berkomunikasi
NPM :220110080108
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Keperawatan