Pengaruh Komitmen, Kepuasan Kerja, Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Serta Dampaknya Terhadap Pangsa Pasar

DSpace/Manakin Repository

Pengaruh Komitmen, Kepuasan Kerja, Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Serta Dampaknya Terhadap Pangsa Pasar

Show full item record

Title: Pengaruh Komitmen, Kepuasan Kerja, Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Serta Dampaknya Terhadap Pangsa Pasar
Author: Djatmiko, Budi
Abstract: Meningkatnya jumlah perguruan tinggi dan deregulasi di bidang pendidikan menjadikan tingkat persaingan dalam industri pendidikan menjadi sangat ketat. Perguruan Tinggi perlu mengamati dampak perubahan lingkungan agar tetap mampu berperan sebagai penyedia Intellectual Asset bagi masyarakat khususnya dunia industri yang bersaing di pasar global. Dalam merumuskan strategi, perguruan tinggi sebagai industri jasa perlu memperhatikan dosen sebagai pilar utama proses belajar-mengajar, karena dosen akan memberikan dampak terhadap kinerja perguruan tinggi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) mempelajari hubungan komitmen dosen dengan kompetensi dosen; (2) mempelajari pengaruh komitmen, kepuasan kerja dan kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa, baik secara parsial maupun simultan; (3) mempelajari pengaruh komitmen dosen, kompetensi dosen dan kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa baik secara parsial maupun simultan; dan (4) mempelajari pengaruh loyalitas terhadap pangsa pasar Untuk menyelesaikan permasalahan penelitian ini dengan pendekatan grand theory Manajemen Pemasaran Jasa dan Manajemen Sumber Daya Manusia, ditunjang dengan middle range theory yaitu Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan; serta dilengkapi oleh application theory yang dapat diterapkan melalui service profit chain methode. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan explanatory survey, dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara acak berdasarkan stratifikasi (stratafied random sampling). Lembaga yang diteliti Subjek penelitian adalah 110 PTS yang membuka program studi Manajemen D3 dan S1 (sensus). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan tiga model kuesioner disertai dengan teknik observasi. Alat analisis dengan menggunakan SEM (structural equation modeling) dengan menggunakan program Lisrel 8.30. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan : (1) komitmen dengan kompetensi dosen berhubungan positif dan signifikan; (2) komitmen, kepuasan kerja dan kompetensi dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa; (2) komitmen, kepuasan dan kompetensi dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa; (4) loyalitas mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap pangsa pasar. The increasing number of Private Universities and the deregulation in education create a tight competitive level in education industries. Private Universities is necessary to examine the impact of environment changes in order to survive as an Intellectual Asset provider to society, particularly to the world of industry in the competitiveness of global market. In formulating the strategies, Private Universities as service industry needs to consider lecturer as the major pillar in teaching and learning process, seeing that they will contribute to the impact on the performance of Private Universities. The objectives of the research were : (1) to learn the relationship between lecturer's commitment and competence; (2) to learn the influence lecturer's commitment, job satisfaction and competence towards the student's satisfaction, partially and simultaneously; (3) to test the influence lecturer's commitment, job satisfaction and competence toward student's loyalty, partially and simultaneously; (4) to learn the influence of loyalty towards the market share; and To solve the research problem, this research applies Grand Theory approach to the Services Marketing Management and Human Resources Management, supported by middle range theory that was Customer's Satisfaction and Loyalty; and also by application theory which can be applied through service profit chain method. The research was descriptive in nature, whereas the research method employs descriptive and explanatory survey method, where sampling technique was based on stratified random sampling. The institution of the research was 110 Private Universities that major in Management studies of D3 and S1 programs (census). Data collection technique of this research were interview using three models of questionnaires and observation technique. Analytical tool was based on SEM (Structural equation modeling) using Lisrel 8.30 program. The hypothesis testing of the research showed that (1) lecturer's commitment and competence were correlated positively and significantly (2) lecturer's commitment, satisfaction and competence influenced the student's satisfaction positively and significantly (3) lecturer's commitment and competence, and student's satisfaction simultaneously influenced the student's loyalty positively and significantly, and (4) student's loyalty influenced the market share positively and significantly.
Description: Meningkatnya jumlah perguruan tinggi dan deregulasi di bidang pendidikan menjadikan tingkat persaingan dalam industri pendidikan menjadi sangat ketat. Perguruan Tinggi perlu mengamati dampak perubahan lingkungan agar tetap mampu berperan sebagai penyedia Intellectual Asset bagi masyarakat khususnya dunia industri yang bersaing di pasar global. Dalam merumuskan strategi, perguruan tinggi sebagai industri jasa perlu memperhatikan dosen sebagai pilar utama proses belajar-mengajar, karena dosen akan memberikan dampak terhadap kinerja perguruan tinggi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) mempelajari hubungan komitmen dosen dengan kompetensi dosen; (2) mempelajari pengaruh komitmen, kepuasan kerja dan kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa, baik secara parsial maupun simultan; (3) mempelajari pengaruh komitmen dosen, kompetensi dosen dan kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa baik secara parsial maupun simultan; dan (4) mempelajari pengaruh loyalitas terhadap pangsa pasar Untuk menyelesaikan permasalahan penelitian ini dengan pendekatan grand theory Manajemen Pemasaran Jasa dan Manajemen Sumber Daya Manusia, ditunjang dengan middle range theory yaitu Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan; serta dilengkapi oleh application theory yang dapat diterapkan melalui service profit chain methode. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan explanatory survey, dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara acak berdasarkan stratifikasi (stratafied random sampling). Lembaga yang diteliti Subjek penelitian adalah 110 PTS yang membuka program studi Manajemen D3 dan S1 (sensus). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan tiga model kuesioner disertai dengan teknik observasi. Alat analisis dengan menggunakan SEM (structural equation modeling) dengan menggunakan program Lisrel 8.30. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan : (1) komitmen dengan kompetensi dosen berhubungan positif dan signifikan; (2) komitmen, kepuasan kerja dan kompetensi dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa; (2) komitmen, kepuasan dan kompetensi dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa; (4) loyalitas mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap pangsa pasar.
URI: http://repository.unpad.ac.id/handle/123456789/3779
Date: 2004-10-28


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account