Pengaruh Program Pertelevisian Dan Promosinya Terhadap Pendapatan Iklan Stasiun Televisi Swasta Di Indonesia (Suatu Survei Pada Industri Pertelevisian Indonesia)

DSpace/Manakin Repository

Pengaruh Program Pertelevisian Dan Promosinya Terhadap Pendapatan Iklan Stasiun Televisi Swasta Di Indonesia (Suatu Survei Pada Industri Pertelevisian Indonesia)

Show full item record

Title: Pengaruh Program Pertelevisian Dan Promosinya Terhadap Pendapatan Iklan Stasiun Televisi Swasta Di Indonesia (Suatu Survei Pada Industri Pertelevisian Indonesia)
Author: Nainggolan, Edison
Abstract: The objectives of this study are to assess and to identify the impact of the programs broadcasted, promotion, size of audience, advertising rates, and the advertiser's response to the advertising revenue of private television stations in Indonesia. This study uses the survey method. The private television stations (RCTI, SCTV, IVM, TPI, and ANTV) selected by purposive sampling are based on broadcast times during 86 weeks from January 1st, 2001 up to August 25th, 2002. The results of path analysis in this study shows that the programs and their promotion have a positive impact on the audience, with the programs having a bigger impact. Then, the programs, the promotion, and the audience, simultaneously affected advertising rates. Partially, the biggest impact came from the size of the audience, the promotion, and the programs in that order. Furthermore, the programs, the promotion, the audience, and the advertising rates simultaneously affected the advertiser's response. Although advertising rates have a negative impact on advertiser's response, the other three factors have a positive impact, where the size of the audience had the biggest impact, then the programs, and lastly the promotion. Finally, the programs, the promotion, the advertising rates, and the advertiser's response, simultaneously affected advertising revenue. Partially, the biggest impact came from the advertising rates, advertiser's response, the size of the audience, the programs, and the promotion in that order. This analysis also shows that there are three parties that have significant impacts on the television industry. They are the private television stations themselves, the audience, and the advertisers.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program yang ditayangkan dan faktor-faktor lainnya, yakni promosi program, jumlah pemirsa, tarif iklan, dan respons pengiklan, terhadap pendapatan iklan stasiun televisi swasta di Indonesia. Penelitian menggunakan metode survei. Penetapan sampel stasiun televisi swasta secara sengaja (purposive sampling) didasarkan pada waktu penayangan program lima stasiun televisi swasta (RCTI, SCTV, IVM, TPI, dan ANTV) selama 86 minggu dari 1 Januari 2001 sampai dengan 25 Agustus 2002. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa program yang ditayangkan dan promosi berpengaruh terhadap jumlah pemirsa televisi, akan tetapi dari kedua faktor tersebut, program memberikan pengaruh yang lebih dominan. Kemudian program, promosi, dan jumlah pemirsa, secara simultan berpengaruh terhadap tarif iklan. Secara parsial pengaruh terbesar diberikan oleh jumlah pemirsa, diikuti oleh promosi, dan program. Selanjutnya program, promosi, jumlah pemirsa, dan tarif iklan, secara simultan berpengaruh terhadap respons pengiklan. Secara parsial pengaruh terbesar diberikan oleh jumlah pemirsa, diikuti oleh program, dan promosi, sedangkan tarif iklan memberikan pengaruh negatif. Terakhir, program, promosi, jumlah pemirsa, tarif iklan, dan respons pengiklan, secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan iklan. Secara parsial pengaruh terbesar diberikan oleh tarif iklan, diikuti oleh respons pengiklan, jumlah pemirsa, program, dan promosi. Analisis tersebut juga menunjukkan bahwa ada tiga pihak yang sangat berpengaruh pada industri pertelevisian, yakni stasiun televisi swasta dengan program yang ditayangkan, pemirsa, dan pengiklan yang keputusan pemasangan iklannya dipengaruhi oleh jumlah pemirsa.
URI: http://repository.unpad.ac.id/handle/123456789/4116
Date: 2004-07-24


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account