Ilmu Pemerintahan (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Pemerintahan (S1) by Author "ADISTIRA KUSUMAWARDANI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Berbagai Aduan dan Saran (SiBadra) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kota Bogor Tahun 2020(2022-07-28) ADISTIRA KUSUMAWARDANI; Herry Suharyadi; Idil AkbarPenelitian ini dilatarbelakangi oleh keterarikan peneliti terhadap platform pelayanan dan pengaduan masyarakat yang kehadirannya masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada pelaksanaanya sering ditemukan masalah-masalah seperti kurang sosialisasi dari pemerintah, kurangnya Sumber Daya Manusia di bidang IT, serta kehadirannya yang kurang memberikan manfaat terhadap masyarakat. Padahal, di era COVID-19 saat ini, wadah pelayanan pengaduan masyarakat secara online itu sangat diperlukan oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Bogor sendiri. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data baik sekunder maupun primer diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi selama penelitian. Penentuan informan ditentukan dengan teknik purposive sampling untuk memudahkan tercapainya data yang diinginkan dari informasi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori dari hasil riset Harvard JFK School of Government, yang mana merupakan elemen sukses pengembangan e-Government, yaitu ada tiga elemen; support (dukungan), capacity (kemampuan), dan value (manfaat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi SiBadra belum berjalan optimal. Belum optimalnya penerapan aplikasi SiBadra ini dilihat dari belum diterapkan secara maksimalnya elemen sukses pengembangan e-Government yang terdiri dari elemen support,capacity dan juga value. Pada penerapan SiBadra, Pemerintah Kota Bogor belum dapat menerapkan sosialisasi SiBadra secara menyeluruh, kemudian infrastruktur serta Sumber Daya Manusia yang ada tidak kompeten, dan masyarakat Kota Bogor belum sepenuhnya merasakan kebermanfaatan dari kehadiran aplikasi SiBadra dalam hal pelayanan pengaduan masyarakat. Untuk itu, penulis menarik kesimpulan bahwasanya di Kota Bogor, khususnya di Dinas Komunikasi dan Informatika masih berada dalam proses optimalisasi dan pengembangan terhadap penerapan aplikasi SiBadra. Adapun saran yang penulis berikan yaitu terkait dukungan finansial dimana penyelenggara pemerintahan daerah harus lebih meningkatkan dukungan finansial yang diberikan terhadap keberlangsungan aplikasi SiBadra sebagai upaya pengembangan infrastruktur aplikasi SiBadra, kemudian terkait penyediaan SDM yang kompeten di bidang IT dalam rangka memelihara serta mengelola aplikasi SiBadra, yang terakhir, pemerintah daerah harus lebih memaksimalkan sosialisasi secara berkelanjutan akan adanya aplikasi SiBadra agar masyarakat lebih mengenal dan merasakan manfaat dari SiBadra.