PENGARUH DIGITAL CUSTOMER EXPERIENCE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE MELALUI DIGITAL CUSTOMER LOYALTY (SURVEY PADA PELANGGAN DIGITAL INDUSTRI TELEKOMUNIKASI SELULER DI INDONESIA)

  • Pembahasan mengenai brand image telah banyak dilakukan oleh penelitian – penelitian terdahulu. Namun demikian, penelitian pada isu tersebut pada industry telekomunikasi seluler di Indonesia masih belum dilakukan. Studi ini bermaksud mengisi celah literatur tersebut, khususnya terkait penggunaan variabel – variabel seperti digital customer experience, electronic word of mouth, digital customer loyalty, dan brand image. Tujuan penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai basis akselerasi peningkatan jumlah pelanggan digital di Indonesia yang memiliki potensi pasar terbesar ke tiga di Asia. Studi ini menggunakan persamaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan melibatkan 1000 responden yang tersebar di 10 kota besar dan 3 operator terbesar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode penelitian campuran. Unit analisis dan unit observasi studi ini adalah pelanggan digital, dan pihak manajemen perusahaan, berturut-turut. Digital customer experience dan electronic word of mouth adalah variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap digital customer loyalty dan brand image. Namun, electronic word of mouth tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap brand image. Hal ini sekaligus membantah hasil – hasil penelitian terdahulu yang menjelaskan pengaruh signifikan electronic word of mouth dalam mendukung peningkatan brand image. Temuan riset ini disebut sebagai Integrated Digital Brand Image Model.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Sukardi Silalahi
Series (Serial Number):Disertasi (000179999)
Document Type:Dissertation
Language:Indonesian
Year of Completion:2019
Year of first Publication:2019
Release Date:2019/10/27
Tag:Digital Customer Experience, Digital Customer Loyalty Dan Brand Image, Electronic Word Of Mouth
Student ID (NPM):120430160038
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen
Licence (Indonesian):License LogoPeraturan Serah Simpan