Analisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Ban Mobil Indonesia ke Enam Negara Tujuan Utama Tahun 2004-2017

  • Industri ban menjadi salah satu industri yang berpotensi meningkatkan ekspor Indonesia ke pasar dunia, seiring dengan perkembangan otomotif dan infrastruktur. Maka dari itu, perlunya meningkatkan daya saing ekspor sebagai indikator untuk mengukur potensi ekspor komoditas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor ban mobil (kode HS 401110) Indonesia ke enam negara tujuan utama, yakni Amerika Serikat, Jepang, Australia, Malaysia, Filipina, dan Arab Saudi, dengan melihat keunggulan komparatif dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Periode analisis yang digunakan pada penelitian ini, yaitu dari tahun 2004 hingga 2017 dengan menggunakan penghitungan RCA (Releaved Comparative Advantage) untuk mengetahui daya saing ekspor; dan pendekatan random effect model pada regresi data panel untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor, yakni GDP Indonesia, GDP negara tujuan, nilai tukar, jarak geografis, dan populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ban mobil Indonesia memiliki daya saing komparatif tinggi. GDP Indonesia dan GDP negara tujuan memiliki hubungan positif dan signifikan, sedangkan nilai tukar memiliki hubungan negatif dan signifikan. Variabel jarak geografis dan populasi negara tujuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ekspor ban mobil Indonesia.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Evangela Carolina
Series (Serial Number):Skripsi (000180739)
Document Type:Skripsi
Language:Indonesian
Year of Completion:2019
Year of first Publication:2019
Release Date:2019/10/27
Tag:Ban Mobil, Data Panel, Daya Saing, Ekspor, Rca
Student ID (NPM):120210150074
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan
Licence (Indonesian):License LogoPeraturan Serah Simpan