MODEL PENGEMBANGAN BERBASIS PENCIPTAAN NILAI DAN CITRA PADA MUSEUM SEJARAH PERJUANGAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

  • ABSTRAK Kinerja pariwisata berbasis sejarah di Indonesia masih relatif rendah. Salah satu destinasi pariwisata adalah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga dapat dikatakan bahwa kinerja museum sejarah masih belum optimal. Kondisi demikian diduga disebabkan oleh permasalahan belum tingginya citra destinasi wisata Museum jika dibandingkan dengan destinasi lainnya, disamping itu, penciptaan nilai, kapabilitas unik , dan orientasi pasar belum optimal dikembangkan oleh pihak museum. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji data dan informasi tentang hubungan di antara variabel orientasi pasar, kapabilitas unik, penciptaan nilai, citra, dan kinerja Museum Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive survey dan explanatory survey. Adapun time horizon adalah cross sectional, karena penelitian ini dilakukan pada waktu tertentu. Rancangan analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dan mengetahui hubungan antar variabel penelitian adalah Partial Least Square (PLS). Populasi dalam penelitian ini adalah museum Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia di Indonesia. Unit analisis adalah museum Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia di Indonesia dengan unit observasi adalah pihak manajemen dari museum tersebut di seluruh Indonesia dengan jumlah sebanyak 32 museum. Karena populasi yang kecil maka akan dilakukan sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Orientasi Pasar berkontribusi dalam mengembangkan Penciptaan Nilai museum; Kapabilitas Unik berkontribusi dalam mengembangkan Penciptaan Nilai museum, Orientasi Pasar berkontribusi dalam mengembangkan Citra museum; Kapabilitas Unik berkontribusi dalam mengembangkan Citra museum; Orientasi Pasar tidak mampu secara langsung meningkatkan Kinerja museum; Kapabilitas Unik tidak mampu secara langsung meningkatkan Kinerja museum; Penciptaan Nilai berkorelasi erat dengan Citra museum; Penciptaan Nilai berkontribusi dalam meningkatkan Kinerja museum; Citra berkontribusi dalam meningkatkan Kinerja museum; Orientasi Pasar berkontribusi dalam meningkatkan kinerja museum melalui Penciptaan Nilai; Kapabilitas Unik berkontribusi dalam meningkatkan Kinerja museum melalui Penciptaan Nilai; Orientasi Pasar berkontribusi dalam meningkatkan Kinerja museum melalui Citra; Kapabilitas Unik berkontribusi dalam meningkatkan Kinerja museum melalui Citra. Hasil penelitian menghasilkan novelty yang bernama “Model Revitalisasi Pengembangan Museum Berbasis Co-Creation Value Di Indonesia” yang mengungkapkan bahwa upaya untuk meningkatkan kinerja Museum Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia yang superior, perlu didukung oleh pengembangan citra dan penciptaan nilai melalui pengembangan kapabilitas unik dan orientasi pasar.

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Joko Rizkie Widokarti
Series (Serial Number):Disertasi (000181157)
Document Type:Dissertation
Language:Indonesian
Year of Completion:2019
Year of first Publication:2019
Release Date:2019/10/27
Tag:Distinctive Capabilities, Image, Market Orientation, Museum Performance., Value Creation
Student ID (NPM):120430140019
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen
Licence (Indonesian):License LogoPeraturan Serah Simpan