OPTIMALISASI FORMULA UNTUK PREFERENSI KONSUMEN PRODUK MANNER PERFUME

  • Penelitian bertujuan untuk menetapkan formula Manner Perfume dengan bahan dasar minyak atsiri lokal yang paling diminati panelis. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan analisis organoleptik secara uji hedonik. Formulasi parfum yaitu MVP 1 (parfum pertama yang belum melalui proses perbaikan), MVP 2 (parfum yang menggunakan MVP 1 sebagai acuan untuk perbaikannya dan telah mengalami peningkatan nilai kesukaan), dan MVP 3 (parfum yang menggunakan MVP 2 sebagai acuan untuk perbaikannya dan telah mengalami peningkatan nilai kesukaan), diujikan kepada panel konsumen yang disesuaikan dengan segmentasi pasar Manner Perfume. Atribut yang diuji adalah aroma, warna, dan sensasi di kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi MVP 1, MVP 2, hingga ke MVP 3, berhasil meningkatkan nilai kesukaan terhadap produk. Formula Manner Perfume dengan bahan dasar minyak atsiri lokal yang dapat diterima konsumen terdiri dari minyak adas (6,45%), minyak nilam (5,16%), minyak cendana (3,22%), minyak jeruk (1,94%), minyak melati (1.94%), minyak peppermint (0,64%), dan minyak vanila (0,64%).

Download full text files

Export metadata

Additional Services

Share in Twitter Search Google Scholar
Metadata
Author:Sammy Alva Aditya
Series (Serial Number):Skripsi (000181411)
Document Type:Skripsi
Language:Indonesian
Year of Completion:2019
Year of first Publication:2019
Release Date:2019/10/27
Tag:Minimum Viable Product, Minyak Atsiri, Parfum, Preferensi Konsumen, Uji Hedonik
Student ID (NPM):240310140042
Institution:Universitas Padjadjaran / Fakultas Teknologi Industri Pertanian / Teknologi Industri Pertanian
Licence (Indonesian):License LogoPeraturan Serah Simpan