Anita FitrianiUnang YunasafMUHAMMAD YASIN SYAHPUTRA2024-05-162024-05-162022-07-11https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/200110180047Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari 2022. Proses pengambilan data dilakukan di Balai Pembibitan dan Pengembangan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Perah(BPPIB TSP) Bunikasih Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi, fungsi dan peran Balai Pembibitan dan Pengembangan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Perah(BPPIB TSP) Bunikasih sebagai salah satu lembaga penunjang dalam usaha ternak sapi perah, dan untuk menganalisa saluran pemasaran susu yang ada di Balai Pembibitan dan Pengembangan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Perah (BPPIB TSP) Bunikasih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan survei dengan jumlah sempel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan posisi, peran, dan fungsi Balai Pembibitan dan Pengembangan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Perah(BPPIB TSP) Bunikasih dapat berorientasi pada konsumen, dan kegiatan di Balai Pembibitan dan Pengembangan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Perah(BPPIB TSP) dapat dikomersilkan sebagai penambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas. (2) Terdapat tiga tingkat saluran pemasaran yang meliputi pedagang pengecer, pedagang penyalur dan pedagang besar, (3) Pada saluran tingkat satu sudah efisien dikarenakan farmer’s share lebih dari 50 persen, sedangkan pada saluran ketiga tidak efisien dikarenakan farmer’s share kurang dari 50 persen.LembagaSapi PerahSaluranANALISIS LEMBAGA DAN PEMASARAN SUSU DI BALAI PEMBIBITAN DAN PENGEMBANGAN INSEMINASI BUATAN TERNAK SAPI PERAH BUNIKASIH CIANJUR, JAWA BARAT