Teddy Kurnia WirakusumahFajar SyuderajatSALMA HABIBAH NUR AINI2024-05-202024-05-202023-03-17https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210104180117Kampanye dengan video animasi memiliki kelebihan tersendiri, yaitu dapat menyampaikan hal-hal cara yang lebih menghibur dan bisa disesuaikan agar dapat diterima semua kalangan umur dari target yang ingin dituju. anak merupakan penerus bangsa yang perlu dikembangkan pola pikirnya, sehingga setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi yang terbaik di sekolah sehingga membuat banyak anak tertekan dan bingung akan tujuannya. Menilik fenomena ini, Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, dengan membebaskan anak didik pada bidang yang diminati. Animasi adalah proses menciptakan semacam ilusi gerakan pada benda mati, gambar, dan model. Salah satu jenis animasi adalah animasi dua dimensi atau animasi dwi-matra yang dikenal juga dengan nama flat animation. Banyak software yang dapat digunakan untuk pembuatan animasi, penulis menggunakan Adobe After Effects. Teknik yang digunakan saat pembuatan animasi yaitu Transform, Rotation tool, 3D Layer. Pada Bab 2, Landasan Teori, berisi definisi dan tatacara animasi, kampanye, dan editing. Langkah-langkah yang digunakan untuk mengerjakan kampanye ini yaitu pencarian ide, pemilihan media, peralatan, dan teknik produksi, penciptaan yang terdiri dari pra-produksi, produksi, dan pasca produksi, lalu langkah terakhir yaitu menentukan konsep penayangan. Hasil dari karya cipta yaitu video animasi #Yukajakngobrolanak yang menerangkan cara mendidik ala Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia. Video ini terdiri dari sembilan scene yang tiap scene memiliki teknik pembuatannya masing-masingAnimasiFinlandiaTeknik AnimasiTEKNIK ANIMASI 3D LAYER DALAM PRODUKSI VIDEO ANIMASI KAMPANYE #YUKAJAKNGOBROLANAK UNTUK HARI ANAK NASIONAL