Tidak ada Data DosenTidak ada Data DosenYULISA AGUSTIN2024-05-222024-05-222012-11-26https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/180510070010Skripsi ini berjudul Aspek Persuasif dalam Iklan Produk Ramah Lingkungan Berbahasa Perancis. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara penyampaian aspek persuasif dan memperlihatkan fungsi hubungan keterikatan antara teks dan gambar yang terdapat dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan data berupa iklan produk rumah tangga, makanan, kosmetik, kesehatan, dan fashion yang mengusung tema ramah lingkungan dalam bahasa Perancis. Penelitian ini menggunakan teori dan pendekatan semantik, semiotik, dan fungsi hubungan keterikatan teks dan gambar yang dikemukakan oleh Paul Léon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan memiliki dua elemen dasar yaitu teks dan gambar. Kombinasi kedua elemen ini berfungsi merepresentasikan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan tersebut mengenai produknya. Ditemukan bahwa meskipun iklan produk yang ramah lingkungan ini memiliki kesamaan penyampaian beberapa aspek persuasif dalam teks, namun terdapat perbedaan cara penyampaian aspek persuasif di dalam keterikatan teks dan gambar. Perbedaan penyampaian persuasif dalam teks dan gambar iklan ini membuat fungsi hubungan keterikatan teks dan gambar terbagi menjadi lima, yaitu fungsi confortation, implication, figuration, énonciation, dan élucidation. Kata kunci : iklan, ramah lingkungan, persuasif, semantikUnpadSastra PerancisIklanASPEK PERSUASIF DALAM IKLAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN BERBAHASA PERANCIS