Totok PujiantoIrfan ArdiansahSARAH LATIFAH2024-05-152024-05-152022-10-14https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/240310180040Media sosial kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pada saat ini, media sosial tidak hanya digunakan untuk melakukan interaksi antar pengguna, tetapi juga digunakan untuk bisnis, terutama dalam hal pemasaran yang dikenal dengan social media marketing. Selain itu, media sosial juga sering dimanfaatkan oleh konsumen untuk menyebarkan informasi tentang suatu produk atau jasa yang dikenal dengan istilah Electronic Word Of Mouth (e-WOM). Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang dapat digunakan untuk bisnis. Salah satu Instagram yang melakukan pemasaran melalui media sosial Instagram adalah perusahaan Roti Yu. Social Media marketing dan e-WOM dinilai memiliki dampak yang substansial dan dapat diandalkan terhadap minat beli. Namun, dalam melakukan pemasaran melalui media sosial, Roti Yu belum mengetahui apakah social media marketing yang sudah dilakukan dan e-WOM terkait produk Roti Yu dapat membawa dampak terhadap minat beli konsumen atau tidak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan e-WOM pada Instagram terhadap minat beli produk Roti Yu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksplanatif dan model AISAS digunakan untuk melakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian secara parsial social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terdahap minat beli produk Roti Yu dengan t hitung (4,970) > t tabel (1,996), e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk Roti Yu dengan t hitung (4,890) > t tabel (1,996). Secara simultan social media marketing dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Roti Yu dengan nilai F hitung (112,75) > F tabel (3,02) dengan nilai korelasi sebesar 0,379 dan termasuk dalam kategori korelasi cukup kuat. Kata Kunci: AISAS, Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Social Media MarketingAISASElectronic Word of MouthMinat BeliAnalisis Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Pada Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Menggunakan Metode AISAS (Studi Kasus Pada Instagram @Rotiyu.Id)