Dessy Hasanah Siti A.Gigin Ginanjar Kamil BasarYULINDA HAMDIANI2024-07-102024-07-102016-09-23https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170310120058Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan pelayanan pengasuhan anak usia prasekolah di Taman Penitipan Anak Ad-Diroyah, dimana sebagai lembaga yang menjalankan fungsi pelayanan sosial untuk tujuan sosialisasi dan pengembangan. Aspek yang diperhatikan dalam penelitian ini yakni, (1) pelaksanaan pengasuhan aspek sosial, (2) pelaksanaan pengasuhan aspek pendidikan, (3) pelaksanaan aspek pengembangan kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan berjumlah 7 orang, yaitu ketua Yayasan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI) Ad-Diroyah, ketua Taman Penitipan Anak Ad-Diroyah, 3 orang pengasuh anak usia prasekolah, dan dua orang tua anak sebagai penerima jasa layanan. Hasil penelitian menggambarkan pelaksanaan pengasuhan anak usia prasekolah di Taman Penitipan Anak Ad-Diroyah dalam aspek sosial, pendidikan dan pengembangan kepribadian. Pelayanan pengasuhan yang di lakukan dalam rangka untuk mendukung asuhan keluarga sebagai upaya menstimulasi tumbuh kembang anak.TPA Ad-Diroyah memiliki fasilitas dan sarana yang dapat mendukung perkembangan anak, namun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan aspek perkembangan kepribadian. Berdasarkan hasil penelitian, perlu dilakukannya upaya agar pelayanan di lembaga penitipan anak dalam menjalankan fungsinya dapat optimal dengan mengembangkan sumber daya manusia didalamnya, yaitu dengan pelatihan yang dilakukan terhadap pengasuh di TPA Ad-Diroyah untuk meningkatkan pemahaman akan pengasuhan anak usia prasekolah.Pelaksanaan pelayanan pengasuhanAnak usia prasekolahTaman penitipan anakPELAKSANAAN PELAYANAN PENGASUHAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) AD-DIROYAH KABUPATEN BANDUNG