Rahmat BudiartoAsri WidyasantiNAQSYA AMELYA FEBIAZAHRA2024-05-172024-05-172023-09-25https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/150104190004PT. Ijo Kreasi Indonesia merupakan salah satu perusahan yang bergerak di bidang pertanian yaitu edible flowers yang menjual berbagai jenis bunga yang dapat dikonsumsi, serta beberapa produk yang dihasilkan seperti cookies edible flowers. Proyeksi penjualan yang tidak stabil merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi PT. Ijo Kreasi Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan strategi pengembangan bisnis yang bertujuan untuk memperoleh strategi pengembangan bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas dan empathy map. Hal yang menjadi pertimbangan dalam melakukan pengembangan strategi merupakan keinginan dari masyarakat. Dengan menggunakan empathy map akan dihasilkan beberapa alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Serta digunakannya kuesioner sebagai alternatif strategi tambahan yang digunakan. Hasil dari penelitian ini merupakan pengembangan model bisnis dengan mengintegrasikan dari hasil empathy map dan kuesioner yang ada terhadap elemen Business Model Canvas yaitu customer segment, value proposition, channels, customer relationship, key activities, key resources, key partnership, cost structure, dan revenue streams. Dari hasil pengembangan bisnis tersebut didapatkannya usulan Business Model Canvas bagi perusahaan.Business Model CanvasEdible FlowersEmpathy Map.ANALISIS MODEL BISNIS USAHA PRODUK COOKIES EDIBLE FLOWERS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN EMPATHY MAP: STUDI KASUS PADA PT. IJO KREASI INDONESIA