ZulhanifJadi SuprijadiARIF RAHMAN HAKIM2024-05-202024-05-202018-01-16https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/140610130033Dalam peneletian ini dilakukan penggalian data dari database konsumen sepeda motor Honda di Jawa Barat dengan tujuan mendapatkan pengetahuan lebih dalam sektor pemasaran khusunya segmentasi konsumen sepeda motor Honda . Di dalam database konsumen sepeda motor Honda tersebut, berisikan profil-pofil konsumen diantarnya adalah jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, pengeluaran bulanan, merk motor yang digunakan sebelumnya, kegunaan motor, pemakai sepeda motor, jenis motor yang dibeli, dan daerah pembeli . Dalam data mining tugas yang relevan dengan kebutuhan pengelompokan objek data adalah clustering. Pada pengelompokan konsumen Honda digunakan metode k-modes sebagai alat analisis untuk data berjenis kategorik yang terdapat pada database. k-modes merupakan metode pengembangan dari k-means, dengan menggunakan modus sebagai dasar operasinya dan menggunakan Hamming distance sebagai dasar dalam pengukuran jarak . Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, didapat 10 buah cluster dimana setiap cluster menjelaskan karakteristik-karakteristik anggotanya sehingga hasil pengelompokan ini dapat digunakan sebagai pengetahuan lebih dalam pemasaran .StatistikaData MiningTidak ada keywordAPLIKASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MODES PADA DATABASE KONSUMEN SEPDEDA MOTOR HONDA DI JAWA BARAT