Saleha RodiahTine Silvana RachmawatiSILVIA FITRIANI2024-05-162024-05-162023-09-14https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210210190016Akun media sosial TikTok @ladiesglow_ yang mengadakan konten informatif dengan cara mengedukasi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan analisis kebutuhan informasi dan pembuatan konten informatif. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sebanyak 3 orang yaitu pengelola akun media sosial TikTok @ladiesglow_, dan dua pengguna produk MS GLOW. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konten informatif merupakan suatu hal yang penting bagi masyarakat untuk bisa memperbaiki kemampuan individu dalam mengakses, memilah, dan memanfaatkan informasi yang diterima secara efektif. Konten informatif mendasari akun media sosial TikTok @ladiesglow_ sebagai salah satu cara dalam menyebarkan informasi untuk memperbaiki kualitas informasi melalui konten yang mereka sajikan. Tahapan pertama dilakukan tahapan analisis kebutuhan informasi pengguna mengenai produk skincare yang perlu dilakukan sebelum membuat konten. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses seleksi dan pengelompokan informasi konten. Kemudian pada tahapan proses pembuatan konten, mulai melakukan perencanaan konten, proses pembuatan dan terakhir dilakukan proses editing. Pada tahapan evaluasi, tahapan ini merupakan kegiatan untuk melakukan evaluasi kendala yang dihadapi selama proses pelaksanaan. Sehingga MS GLOW Beauty Kuningan bisa lebih interaktif lagi dengan pengguna, dapat membagi tanggung jawab kepada peran yang akan mengelola akun media sosial secara lebih terkhusus, dan membuat jadwal rutin dalam pembuatan konten.Konten InformatifMedia SosialMS GLOWANALIS KEBUTUHAN INFORMASI DALAM PEMBUATAN KONTEN INFORMATIF (Studi Kasus Mengenai Akun TikTok @ladiesglow_ di MS GLOW Beauty Kuningan)