Julita NaharSudradjatDIANA ANNISA2024-05-272024-05-272023-07-14https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/140110190079Suatu pelayanan akan dikatakan baik jika dapat memberikan pelayanan yang cepat sehingga pelanggan tidak dibiarkan menunggu terlalu lama. Jika dalam suatu pelayanan terdapat antrian yang panjang maka menyebabkan pelanggan menunggu dalam waktu yang lama dan tingkat kepuasan serta kepercayaan pelanggan tersebut menurun. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang memiliki beberapa jenis pelayanan instalasi rawat jalan yang salah satu diantaranya adalah klinik anak. Hampir setiap hari jumlah pasien yang datang ke klinik anak cukup banyak sehingga menyebabkan pasien menunggu cukup lama. Disiplin pelayanan yang digunakan yaitu First Come First Serve dan sistem pelayanannya termasuk kedalam multi phase dimana setiap pasien harus menyelesaikan beberapa tahapan untuk mendapatkan hasil pelayanan yang maksimal. Penelitian ini akan berfokus pada sistem pelayanan di klinik anak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kesibukan pada klinik anak hampir mendekati optimal. Meskipun masih terdapat waktu menganggur yang cukup besar, pengurangan fasilitas tidak dapat dilakukan lagi karena jumlah fasilitas pelayanan sudah tunggal.Sistem PelayananMulti PhaseRumah SakitAnalisis Kinerja Sistem Pelayanan pada Bagian Pelayanan Klinik Anak di Rumah Sakit (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang)