Hery WibowoMuhamad Fadhil NurdinRESTI PUTRI SUPRIADI2024-07-242024-07-242023-08-14https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170710190003Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pondok pesantren al-aqsha dalam membentuk pendidikan karakter akhlakul karimah santri, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat proses pembentukan pendidikan karakter akhlakul karimah santri di pondok pesantren al-aqsha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ponpes al-aqsha berupaya untuk membentuk pendidikan karakter akhlakul karimah santri melalui program-program kegiatan yang ada, program kegiatan tersebut berupa program mengkaji kitab akhlakul banin, program one day one juz, kegiatan beribadah santi, program gerai babully, program pengabdian masyarakat, serta program berbagi & open donasi. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional Robert K. Merton dengan konsep utamanya yaitu fungsi, disfungsi & non fungsi. Dalam proses pembentukan pendidikan karakter akhlakul karimah tidak lepas dari adanya faktor pendukung dan faktor penghambat, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal.FungsiPesantrenSantriFUNGSI PONDOK PESANTREN AL-AQSHA DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH SANTRI