Intan Nurma YulitaR. SudrajatPRIANGGARA HADYAN ALMER2024-05-302024-05-302023-05-24https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/140810190065Museum merupakan suatu lembaga yang bersifat tetap sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah atau memiliki nilai sejarah, seni, dan ilmu pengetahuan. Pada saat ini masih sedikit museum yang mempublikasikan bendabenda yang ada pada museum. Hal ini membutuhkan perancangan sistem aplikasi digitalisasi benda-benda museum untuk dipublikasikan kepada masyarakat dengan membangun aplikasi berbasis web. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengguakan metode pengembangan aplikasi Waterfall dengan beberapa tahapan seperti tahapan communication, planning, modelling, code, deployment. Untuk tahap pengujian menggunakan BlackBox Testing. Hasil dari BlackBox Testing ini mendapatkan nilai keberhasilan 100% untuk user dan 98,2% untuk admin. Untuk hasil dari system usability scale (SUS) mendapatkan nilai 86,52 yang berarti aplikasi museum prabu geusan ulun berbasis web dikategorikan excellent. Hal ini menunjukkan aplikasi yang dikembangkan layak digunakan oleh penggunaWaterfallMuseumSystem Usability ScaleSISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK DIGITALISASI BENDA PUSAKA MUSEUM MENGGUNAKAN METODE WATERFALL