R. Ahmad BuchariTidak ada Data DosenMUHAMAD ADIFIO BAHI2024-05-312024-05-312023-10-11https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170104190089Kegiatan pengadaan barang atau jasa dilakukan oleh perangkat atau organisasi daerah, seperti kementerian, lembaga, atau unit kerja, dan dimulai dengan perencanaan kebutuhan dan diakhiri dengan penyelesaian seluruh kegiatan pengadaan. Riset ini memiliki tujuan yaitu Untuk mengetahui dan mempelajari proses pengadaan barang dan jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero), dengan menggunakan metode Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan dilakukan pendekatan deskriptif yang dapat menggambarkan serta mendeskripsikan secara rinci mengenai analisis dalam penelitian. proses pengadaan barang/jasa pada PT POS Indonesia (Persero) sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu dengan mengacu kepada Keputusan Direksi PT POS Indonesia (Persero) Nomor KD 88/DIRUT/1022. Namun pada kenyataannya penerapan proses pengadaan barang/jasa pada PT POS Indonesia (Persero) masih memiliki kekurangan, khususnya pada penyusunan daftar peserta lelang/seleksi khususnya pada pemilihan pemasok yang masih terganggu karena masih terjadi kurangnya peserta lelang dimana hal ini menjadi hambatan dalam proses pengadaan barang/jasa pada PT POS Indonesia (Persero). Selain itu, masih ditemukannya perbedaan antara dokumen penawaran dengan dokumen persyaratan teknis dan HPS sehingga rapat evaluasi tidak dapat dilakukan sesuai perencanaan. Kata Kunci : Barang, Jasa, Proses, PT Pos Indonesia (Persero)BarangJasaProsesANALISIS PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA PT POS INDONESIA (PERSERO)