Evie Ariadne Shinta DewiAndika Vinianto AdiputraSAAFIRA MUTHMAINNAH2024-05-202024-05-202023-10-17https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210110190059FESTApora merupakan rangkaian aktivisme dan kegiatan sosial oleh fandom ARMY Indonesia yang direncanakan, digerakkan, dan dipromosikan melalui Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana dinamika komunikasi kelompok fandom ARMY di Twitter dalam melakukan aktivisme digital FESTApora. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus single case. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan 10 informan. Analisis data dilakukan menggunakan teori budaya partisipatif Jenkins dan teori konstruksi sosial teknologi Bijker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi melalui ruang virtual Twitter memungkinkan terjadinya komunikasi timbal balik, komunikasi terbuka, dan pemanfaatan jaringan sosial dalam fandom selama pelaksanaan aktivisme FESTApora. Fandom ARMY di Twitter dapat menggerakkan anggotanya karena adanya solidaritas kelompok yang didasari oleh kesamaan antar anggota dan keinginan kolektif untuk membantu, serta adanya profesionalitas komunikator dan penggunaan pesan persuasif yang diamplifikasi dari sosok teladan. Twitter digunakan sebagai sarana aktivisme FESTApora karena efisiensi pesan dan jangkauan Twitter yang luas, serta adanya keunikan fandom di Twitter yaitu jumlah yang besar, identitas yang kuat, dan keberagaman individu. Kajian ilmiah lebih lanjut disarankan untuk meneliti informan yang lebih beragam, meneliti Twitter setelah adanya perubahan kebijakan dan fitur, serta mengkaji tingkat efektivitas faktor solidaritas, komunikator, dan pesan terhadap partisipasi penggemar.Komunikasi KelompokKomunitas VirtualFandomDINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK FANDOM ARMY INDONESIA DALAM MELAKUKAN AKTIVISME DIGITAL