Savitri AditianyTidak ada Data DosenSABILLA NURU IRMANDA2024-07-022024-07-022022-10-13https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170210180131Perkembangan praktik diplomasi telah memanifestasi penggunaan makanan sebagai salah satu instrumennya yang disebut dengan gastrodiplomasi. Sejumlah negara telah menerapkan gastrodiplomasi untuk menciptakan daya tarik dan pemahaman publik asing melalui makanan dan kuliner khas negaranya, termasuk Prancis. Karena citra dan popularitasnya yang kental dengan gastronomi sudah dikenal, Prancis menggunakan gastrodiplomasi untuk mempromosikan gastronominya ke seluruh dunia melalui Goût de/Good France. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Prancis melakukan gastrodiplomasinya di Indonesia melalui Goût de/Good France. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut periset menggunakan metode riset kualitatif yang didukung oleh data yang didapatkan melalui wawancara dengan beberapa pihak terkait, studi literatur, serta internet-based research. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa Prancis telah memanfaatkan Goût de/Good France sebagai salah satu bentuk gastrodiplomasinya untuk menciptakan daya tarik Prancis pada masyarakat Indonesia melalui makanan. Gastrodiplomasi tersebut dilakukan dengan tiga strategi, yaitu food event strategy, coalition-building strategy, dan media relation strategy. Namun, terlepas dari upaya yang dilakukan, gastrodiplomasi Prancis dapat dengan mudah menarik minat publik karena sejatinya kuliner Prancis sendiri sudah meraih popularitas baik di mata dunia maupun masyarakat Indonesia secara khusus.DiplomasiGastrodiplomasiGot de/Good FranceGastrodiplomasi Prancis Melalui Got de/Good France Di Indonesia