Syariful MubarokRahmat BudiartoFADIA FITRI MULYANI2024-05-172024-05-172023-07-14https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/150104190046Usaha tanaman hias pada saat ini menjadi peluang usaha yang menarik bagi semua kalangan. Permintaan terhadap tanaman hias meningkat secara signifikan dilihat berdasarkan peningkatan pendapatan ekspor menurut data dari Kementerian Pertanian pada tahun 2021 ekspor hortikultura mencapai USD 647,24 juta, dan meningkat 0,27 persen dibandingkan dengan tahun 2020. Oleh karena itu, tanaman hias ini berpeluang untuk dijadikan bisnis atau usaha buket. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perencanaan pengembangan strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk bisa mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Metode penelitian ini menggunakan 2 jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah hasil observasi langsung terhadap para pesaing yang berada di sekitar tempat usaha dan hasil pengisian kuisioner oleh costumer dengan cara pendistribusian link kuisioner melalui bantuan sosial media. Hasil kajian dari analisis pemasaran, lokasi pemasaran yang mempunyai potensi besar di Jawa Barat yaitu Kabupaten Bandung dengan promosi yang efektif menjadi faktor penting untuk pengembangan dan menjaga daya saing usaha, sedangkan dari analisis keuangan Laba/Rugi ini menunjukan bahwa usaha ini memiliki keuntungan 15% dari tiap unit sehingga layak dijalankan dan menguntungkan. Analisis Break Event Point (BEP) menunjukkan angka positif yaitu sebesar Rp.14,914,860.34 untuk Fresh Flower dan sebesar Rp.8,152,794.71 untuk Artificial Flower. Maka dapat disimpulkan bahwa usaha pengembangan buket ini dapat mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal layak untuk dikembangkan dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.Buket Bunga ; Pengembangan Usaha; Analisi Pemasaran; Analisis KeuanganTidak ada keywordTidak ada keywordBUSINESS PLAN : PENGEMBANGAN USAHA PENDIRIAN BUKET BUNGA MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS