Ade Makmur KDesi YunitaFIRLA NAZA DELIESYA2024-07-232024-07-232023-03-24https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170710160021Pendidikan merupakan aspek penting yang dibutuhkan manusia. Memperbaiki permasalahan internal dalam lingkup isu pendidikan di SMA Negeri 14 Bandung mewujudkannya dengan perubahan, perkembangan, peningkatan program sekolah melalui adaptasi sosial. Tujuan studi menjelaskan bentuk adaptasi sosial dan peran sekolah dalam mewujudkan kedisiplinan. Penelitian dianalisis menggunakan Konsep Fakta Sosial dari pemikiran Emile Durkheim. Penelitian menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian, Adaptasi sosial yang di lakukan oleh SMA Negeri 14 Bandung di latar belakangi oleh faktor kondisi lingkungan. Lingkungan militer menjadikan sekolah mengidentifikasi konsistensi nilai, aturan, moral, budaya yang ada di kawasan militer. Bentuk adaptasinya berupa kedisiplinan yang terbagi dalam aturan, hukuman, dan konsistensi pembiasaan. Peran sekolah mewujudkan disiplin melalui penerapan aturan, hukuman, dan pembiasaan dengan enam nilai disiplin yaitu nilai kedisiplinan waktu, belajar dan mengajar, berpakaian, penampilan, lingkungan serta moral dan etika. Kedisiplinan dari adaptasi sosial menghasilkan fakta sosial warga sekolah memiliki representatif dan nurani kolektif berdisiplin semi-militer sehingga warga sekolah mempunyai sifat disiplin patuh tata tertib. Simpulan, dalam adaptasi sosial dengan lingkungan militer ditemukan fakta sosial warga sekolah berdisiplin semi – militer sehingga menghasilkan sifat yang disiplin dan patuh terhadap tata tertib.Adaptasi SosialPeranKedisiplinanADAPTASI SOSIAL DI LINGKUNGAN MILITER SEBAGAI BENTUK PERAN SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN NILAI NILAI KEDISIPLINAN DI SMA NEGERI 14 KOTA BANDUNG