Tidak ada Data DosenTidak ada Data DosenBAMBANG WINARSO2024-05-222024-05-222013-01-08https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170130077001ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang terjadinya pergeseran nilai budaya dan pergeseran etika komunikasi dalam acara infotainment di televisi yang menunjukkan terjadinya perubahan hak proteksi atas privasi seseorang menjadi ajang promosi pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan paradigma kritis. Pengumpulan data primer adalah dengan melakukan observasi atas tayangan-tayangan acara infotainment di televisi dan melakukan wawancara dengan para informan dari berbagai latar belakang yang relevan dengan riset ini. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan penelitian online. Analisisnya dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran nilai budaya dan etika komunikasi yang disebabkan oleh berbagai faktor. Pergeseran nilai budaya terjadi karena: 1) Faktor utama adalah karena tiga unsur penyebab yaitu teknologi atau medianya, sumber beritanya atau artisnya (personality), dan unsur pekerja infotainmentnya. 2) Motif di balik maraknya tayangan infotainment yaitu adagium uang dan kapitalisasi modal. 3) Cara media merekonstruksi realitas sosial ke dalam acara infotainment menurut sudut pandang atau perspektif mereka sendiri. 4) Infotainment merupakan salah satu ujung tombak dari budaya populer yang memengaruhi gaya hidup masyarakat dan sebaliknya gaya hidup masyarakat telah menjadi budaya pop. 5) Alasan popularitas dan ekonomi yang secara tidak sadar mempertahankan sistem kapitalisme baru dengan menggunakan sistem rating. 6) Adanya perubahan tata nilai dan worldview berimbas ke perubahan sikap dan perilaku baik bagi para pesohor/artis, pekerja infotainment, dan masyarakat. 7) Faktor kejenuhan atau kekesalan masyarakat konsumen terhadap acara infotain-ment, karena terpaan infotainment yang terus menerus. Pergeseran etika komunikasi dalam acara infotainment di televisi disebabkan oleh beberapa faktor. 1) Privasi dan hak privasi warga negara pada komunitas tertentu (para pesohor) telah diabaikan dan berubah menjadi ajang promosi diri di layar televisi. Ada sifat narsis, eksibisionis dan oportunis di kalangan para pesohor. 2) Gambar di televisi adalah �manipulated pictures� yang dibuat Tim Produksi yang mempunyai kekuasaan atas apa yang akan disajikan kepada penonton. Penyajian programnya low taste content dan sensasional dengan target utama khalayak segmen SES C, D atau E, yang juga low level education dan low income serta posisi tawarnya lemah. 3) Terjadi perubahan makna etika komunikasi bagi Tim Produksi acara infotainment.Tim Produksi infotainment bermain di antara dua ranah, yaitu ranah pribadi dan ranah publik, maka sering terjadi gesekan-gesekan dengan alasan tertentu. 4) Pergeseran etika komunikasi dalam acara infotainment terjadi karena adanya pelanggaran atas etika, estetika, norma dan logika. Kata kunci : pergeseran nilai budaya, pergeseran etika komunikasi, infotainment, privasi, promosi pribadi.Pergeseran Nilai BudayaPergeseran Etika KomunikasiInfotainmentStudi Pergeseran Nilai Budaya dan Etika Komunikasi Dalam Acara Infotainment Televisi (Suatu Perubahan Hak Proteksi Atas Privasi Ke arah Ajang Promosi Pribadi)s