AkmalAfrida HelenSALMA TRI AUDRYANI2024-05-302024-05-302023-08-09https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/140810190051Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan kebudayaan. Di era globalisasi ini, banyak budaya asing masuk ke Indonesia. Dengan itu, penting untuk melestarikan kebudayaan Indonesia agar eksistensinya tidak luntur. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Salah satu media yang menarik digunakan untuk upaya tersebut adalah game, karena melalui game, pengguna dapat bermain sambil belajar. Sebagai upaya untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, maka dibuatlah sebuah mobile game dalam bentuk memory match dengan tema kebudayaan Indonesia menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Metode GDLC memiliki 4 tahapan, diantaranya adalah pre-production, production, testing, dan post-production. Metode ini digunakan karena GDLC merupakan metode yang mencakup keseluruhan proses pengembangan game. Berdasarkan hasil beta testing menggunakan metode Heuristic Evaluation of Playability (HEP), game yang dikembangkan dikategorikan ‘Sangat Baik’, dengan persentase nilai sebesar 90.15%. Masing-masing aspek HEP juga dikategorikan ‘Sangat Baik’, di mana aspek Game Play bernilai sebesar 88.55%, Game Story 91.4%, Mechanics 89.84%, dan Usability sebesar 90.81%. Melalui testing tersebut juga didapatkan bahwa game yang dikembangkan dapat menambah wawasan serta membantu pengguna untuk mengenali kebudayaan Indonesia.Memory Match GameKebudayaan IndonesiaGame Development Life CyclePengembangan Aplikasi Memory Match Game dengan Tema Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle