FX Ari Agung PrastowoRosnandar RomliSITI AISYAH ROIHANAH2024-05-192024-05-192017-12-19https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210110130090ABSTRAK Siti Aisyah Roihanah, NPM. 210110130090, 2017, Kredibilitas Petugas Pelayanan Informasi dalam Membentuk Sikap Pengunjung Terhadap Rumah Sakit (Studi Deskriptif tentang Kredibilitas Petugas Pelayanan Informasi dalam membentuk Sikap Pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang), Dr. Rosnandar Romli, M.Si (Pembimbing Utama), dan FX. Ari Agung P., S.Sos. M.I.Kom. (Pembimbing pendamping), Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kredibilitas petugas pelayanan informasi dalam membentuk sikap pengunjung terhadap rumah sakit. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data melalui persiapan tabulasi dan penerapan data. Populasinya adalah pengunjung RSUD Sumedang. Sampel berjumlah 99 pengunjung yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas petugas pelayanan informasi dalam membentuk sikap pengunjung terhadap rumah sakit memiliki kecenderungan pada kategori sedang. Kategori sedang tersebut merupakan jawaban mayoritas dari responden yang menunjukkan bahwa kredibilitas petugas pelayanan informasi dapat menunjang pada pembentukan sikap pengunjung terhadap RSUD Sumedang sebagai tempat layanan kesehatan yang terpercaya.Petugas Pelayanan InformasikredibilitassikapKredibilitas Petugas Pelayanan Informasi Dalam Membentuk Sikap Pengunjung Terhadap Rumah Sakit