Tidak ada Data DosenTidak ada Data DosenANDRIANTO2024-06-212024-06-212013-12-02https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/120820100065ABSTRAK Kepuasan pasien telah menjadi konsep sentral dalam wacana bisnis dan manajemen. Pasien umumnya mengharapkan produk berupa barang atau jasa yang dikonsumsi dapat diterima dan dinikmatinya dengan pelayanan yang baik atau memuaskan. Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung merupakan sebuah lembaga dengan salah satu tugas pokoknya adalah memberikan pelayanan kesehatan, yang mana selama 3 tahun terakhir sejak tahun 2010-2012 mengalami kecenderungan penurunan jumlah kunjungan pasien. Faktor yang mungkin menyebabkan penurunan tersebut adalah ketidakpuasan pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan karakteristik pasien berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, dan tingkat penghasilan dengan kepuasan atas mutu pelayanan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Tehnik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive random sampling, dimana semua subjek yang datang dan memenuhi kriteria pemilihan dimasukkan dalam penelitian sampai jumlah subjek yang diperlukan terpenuhi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji indepensi Chi-Square dengan derajat kemaknaan &#945;=0,05. Uji statistik antara karakteristik pasien dengan kepuasan atas mutu pelayanan menghasilkan p-value (0,447) > 0,05 untuk jenis kelamin, p-value (0,282) > 0,05 untuk umur, p-value (0,000) < 0,05 untuk jenis pekerjaan, p-value (0,014) < 0,05 untuk tingkat pendidikan, dan p-value (0,003) < 0,05 untuk tingkat penghasilan Berdasarkan hasil analisis uji statistik didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara pekerjaan, tingkat pendidikan dan penghasilan dengan kepuasan atas mutu pelayanan, sedangkan antara jenis kelamin dan umur dengan kepuasan atas mutu pelayanan tidak mempunyai hubungan yang signifikan. Dengan semakin meningkatnya rata-rata tingkat pekerjaan, pendidikan dan penghasilan masyarakat maka kebutuhan terhadap mutu pelayanan kesehatan akan semakin tinggi pula, sehingga RS Muhammadiyah Bandung dituntut untuk semakin meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan.Karakteristik pasienkepuasan atas pelayananTidak ada keywordHubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Atas Mutu Pelayanan di Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung