R. Agus Suherman SuryadimulyaTidak ada Data DosenFITRI ASTUTI2024-06-052024-06-052017-04-03https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/180610110143Dalam penelitian ini, penulis menganalisis skripsi yang berjudul Nilai-nilai moral dalam cerita rakyat Warashibe Chouja karya Hirata Shogou dan dikaji menggunakan pendekatan didaktis yang berkaitan dengan aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh orang dalam berinteraksi dengan orang lain. Tema dalam cerita ini menceritakan tentang seorang pemuda yang rajin, suka menolong, sabar dan bekerja keras dalam berbagai cobaan untuk menghidupi kehidupannya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan unsur didaktis yang terkandung dalam cerita rakyat Warashibe Chouja, (2) Mendeskripsikan nilai moral dalam cerita rakyat Warashibe Chouja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskritif analisis, yang menguraikan dan menganalisis setiap kejadian yang dialami tokoh pemuda dalam cerita tersebut. Data yang digunakan diambil dari berbagai reverensi skripsi sastra lain dan berbagai buku kajian teori sastra yang mendukung penulisan ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sebagai manusia kita harus rajin bekerja, tidak pantang menyerah agar cita-cita kita tercapai serta saling menolong dan selalu bersyukur. Atas kebaikan yang telah diperbuat, pemuda tersebut mendapatkan sesuatu yang baik juga. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca untuk dapat mengambil hikmah dari hasil penelitian ini. Untuk penelitian selanjutnya dapat dijadikan acuan pada jenis penelitian yang lain atau sebagai bahan perbandingan antara sastra yang satu dengan sastra yang lain.MoralPendekatan DidaktisWarashibe ChoujaNilai-nilai moral dalam cerita rakyat Warashibe Chouja karya Hirata Shogou: pendekatan didaktis