Agusmanon YuniadiMumuh Muhsin ZAGUS ELVAN B2024-05-222024-05-222016-10-20https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/180310090027Skripsi ini berjudul “Anime Sebagai Media Hegemoni Budaya Jepang di Indonesia 1980-2012”. Fokus permasalahan yang diangkat adalah penetrasi anime Jepang dalam membuat hegemoni budaya di Indonesia di tahun 1980-2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep hegemoni dari Gramsci, yang di dalamnya terdapat tahapan-tahapan untuk memperoleh hegemoni. Di mulai dari tahap dominasi/domination (institusi dan media) dan tahap pengarahan/direction (industri dan modal). Hegemoni budaya melalui media anime ini dilakukan Jepang karena adanya kesadaran bahwa penguasaan dengan cara kekerasan atau paksaan (hard power) bukan lagi menjadi pilihan yang tepat untuk digencarkan pasca era perang, sehingga perlu ada kebijakan baru dalam meraih kekuasaan selain dengan cara kekerasan. Berangkat dari hal ini, kemudian muncullah ide-ide bagaimana memasukkan ide Jepang ke dalam dunia internasional secara halus melalui media yang diterima seluruh kalangan masyarakat internasional. Hegemoni budaya Jepang seiring pula dengan perkembangan anime di pasar internasionalhegemoni budayaTidak ada keywordTidak ada keywordANIME SEBAGAI MEDIA HEGEMONI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA (1980-2012)