Yuniar MulyaniIne MaulinaDARA TASYA ZALLIKA DACHLAN2024-06-032024-06-032023-08-20https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/230110190113Perilaku konsumen dipelajari untuk mengetahui perilaku dan sikap konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan perilaku konsumen serta menganalisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan konsumen membeli ikan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2022 sampai Juni 2023 di Pasar Tradisional Ciwastra Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dan dianalisis dengan model regresi linier berganda. Dalam penelitian ini, variabel bebas meliputi budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), psikologi (X4), harga (X5), pendapatan (X6), jumlah tanggungan (X7), dan selera (X8) dan variabel terikatnya adalah keputusan membeli (Y). Variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ikan untuk konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra. Sedangkan secara parsial, faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli ikan untuk konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra adalah faktor budaya (X1), faktor psikologi (X4), faktor harga (X5), faktor pendapatan (X6), faktor jumlah tanggungan (X7), dan faktor rasa (X8). Faktor perilaku konsumen yang paling dominan mempengaruhi keputusan membeli ikan untuk dikonsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra adalah faktor psikologi (X4).Ikan KonsumsiPasar TradisionalPerilaku KonsumenAnalisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Ikan Konsumsi di Pasar Tradisional Ciwastra Kota Bandung