Nani DarmayantiCece SobarnaRETNO PURWANI SARI2024-05-222024-05-222018-09-27https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/180130130003Penelitian ini memperdebatkan cara bahasa mengontrol tindakan secara persuasif yang dilakukan melalui strategi persuasif dalam wujud gaya berbahasa. Stategi persuasif jenis ini digunakan pula pada cerita anak dengan tujuan menstimulasi dan mengembangkan kematangan moralitas anak. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan cara bahasa mengontrol tindakan secara persuasif dengan fokus pada: (1) jenis strategi persuasif yang dipilih dan penanda linguistiknya; (2) bentuk tindak tutur yang digunakan; serta (3) fungsi penggunaan strategi persuasif dan gaya berbahasa pada cerita anak berbahasa Inggris. Untuk membuktikan hipotesis, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis; menerapkan teknik BSC untuk mengumpulkan data dan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan fenomena kebahasaan pada data tuturan. Mengadaptasi kajian stilistika pragmatik gagasan Clark (2009), penelitian ini memanfaatkan kaidah-kaidah pragmatik ancangan Searle (1979) untuk analisis stilistika model Leech dan Short (2007), yakni gaya berbahasa dan strategi persuasif Johnstone (1989). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pilihan gaya berbahasa dan pilihan strategi persuasif sebagai wujud tuturan cerita anak berpotensi memotivasi keberhasilan fungsi persuasif cerita anak. Strategi persuasif pada penelitian ini diidentifikasi sebagai strategi kuasilogika, strategi presentasi, dan strategi analogi dengan frekuensi kemunculan tertinggi berada pada strategi presentasi, disusul strategi kuasilogika dan strategi analogi. Sementara itu, pilihan gaya berbahasa ditunjukkan melalui pilihan penanda linguistik yang meliputi pilihan: kategori leksikal, kategori gramatikal, gaya bahasa dan konteks-kohesi, serta pilihan bentuk tindak tutur, yakni tindak tutur ilokusi tak langsung dan tindak tutur ilokusi langsung. Bentuk tindak tutur ilokusi tak langsung mendominasi pilihan bentuk tindak tutur dari tuturan cerita anak berbahasa Inggris. Efektivitas strategi persuasif yang dimanifestasikan melalui pilihan gaya berbahasa memicu proses pengembangan kematangan moralitas anak. Hal ini menawarkan satu cara bagi orang dewasa menstimulasi kematangan anak.gaya berbahasastilistika pragmatikstrategi persuasifStrategi Persuasif pada Tuturan Cerita Anak Berbahasa Inggris: Kajian Stilistika Pragmatik