Agus RahmatSusie PerbawasariSINTYA JAYANTI2024-05-172024-05-172016-03-22https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210110110084ABSTRAK Sintya Jayanti 210110110084, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Sumedang, 2014. Melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan Sikap Jurnalis terhadap Teknologi Vaksin”. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Agus Rahmat, M.Pd., sebagai Pembimbing Utama, dan Dr. Susie Perbawasari, M.Si., Sebagai Pembimbing Pendamping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Faktor Sumber dan Faktor Pesan Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan sikap jurnalis terhadap teknologi vaksin. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Instrumental of Persuasion Theory (Hovland, Janis, dan Kelly dalam Tan, 1981). Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan teknik pengumpulan data : angket, wawancara, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 yang merupakan jurnalis. Untuk pengambilan sample menggunakan teknik sampling acak sederhana. Hasil perhitungan dari teknik sampling acak sederhana menghasilkan sample sejumlah 50 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Rank Spearman dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan sikap jurnalis terhadap teknologi vaksin. Adanya hubungan yang cukup kuat antara faktor sumber dan faktor pesan dengan aspek opini, persepsi, afektif, dan perilaku jurnalis terhadap teknologi vaksin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup kuat antara faktor sumber Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan aspek opini, persepsi, afektif, dan perilaku peserta terhadap gaya hidup hemat energi, kemudian terdapat hubungan antara faktor pesan Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan aspek opini, persepsi, afektif, dan perilaku peserta terhadap gaya hidup hemat energi. Penelitian ini mempunyai arah nilai yang positif, dimana apabila faktor sumber dan pesan Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 ditingkatkan, maka akan meningkat pula sikap jurnalis terhadap gaya hidup hemat energi. Adapun saran dari penelitian ini adalah sebaiknya mebuat kegiatan lebih menarik dengan adanya factory visit di dalam Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2, supaya lebih efektif, dan berdampak kepada sikap jurnalis terhadap vaksin.  Media RelationsPublic RelationsVaksinHubungan antara Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan Sikap Jurnalis terhadap Teknologi Vaksin